Indonesia - Jepang Sepakat Garap Tiga Proyek Transportasi

Maria Yuniar Ardhiati
30 Desember 2016, 10:48
Pelabuhan
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi pelabuhan

Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat melanjutkan kerjasama tiga proyek infrastruktur transportasi. Ketiganya adalah pembangunan Pelabuhan Patimban, kereta semicepat Jakarta-Surabaya, serta sistem elektrifikasi dalam proyek double double track kereta api.

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang Keiichi Ishii di kantor Kementerian Perhubungan. "Dalam pertemuan tersebut, perencanaan pembangunan Pelabuhan Patimban telah dibahas sangat detail, misalnya kapan selesai," kata Budi dalam siaran persnya, Kamis (29/12).

Advertisement

(Baca: Target Pinjaman Pelabuhan Patimban Rp 22 Triliun Diteken Mei 2017)

Meski begitu, kedua negara masih akan membahas lebih lanjut mengenai pengelolaan Pelabuhan Patimban. Budi menuturkan, keterlibatan para pihak dan bentuk usaha yang akan dikerjasamakan masih dibahas oleh pihak Jepang dan perusahaan swasta di Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bersama Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sedang mempersiapkan desain studi kelayakan (feasibility study), analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), dan proses pinjaman maupun investasi lokal. Proses Amdal diharapkan selesai pada Februari 2017.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement