Pelabuhan Merak Sediakan Layanan Premium Mulai 2018

ASDP Indonesia menjanjikan layananan lounge serta valet parking di atas kapal bagi pengguna jasa serta kendaraan golongan IV penumpang.
Maria Yuniar Ardhiati
27 Desember 2016, 12:42
Rini Soemarno meninjau Pelabuhan Merak, Banten
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pengembangan Pelabuhan Merak kelak tidak hanya terfokus pada penyediaan jasa transportasi. Pelabuhan di Provinsi Banten tersebut diharapkan menyediakan layanan intermoda terintegrasi.

Upaya tersebut sejalan dengan layanan angkutan di Merak yang semakin lengkap, termasuk dengan kereta api dan bus. "Diharapkan, tahun 2018, Pelabuhan Merak dapat menyediakan layanan premium, khususnya untuk kendaraan golongan IV penumpang," kata Rini dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/12).

(Baca: Kemenko Maritim: Kereta Pelabuhan Akan Perlancar Arus Barang)

Selain itu, Pelabuhan Merak berencana menerapkan layanan tiket elektronik atau e-ticketing untuk mobil pribadi. Rini menilai fasilitas ini diperlukan karena tingginya pertumbuhan mobil pribadi. Yang menjadi pertimbangan lain, sejumlah ruas Tol Trans Sumatera ditargetkan selesai pada 2018 untuk mendukung perhelatan Sea Games.

Advertisement

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi menyatakan perusahaan pelat merah itu sedang menyiapkan konsep pengembangan Pelabuhan Merak dan Bakauheni yang komprehensif dan terpadu. "Ke depan, akan diciptakan pusat ekonomi di sini," ujar Faik.

Dengan begitu, Pelabuhan Merak tidak hanya menjadi prasarana untuk menyeberang jalur Sumatera-Jawa, tapi juga menjadi destinasi wisata. (Baca: Disentil Jokowi, Rizal Buat 7 Langkah Pangkas Waktu Bongkar Muat)

Yang menjadi fokus dalam waktu dekat adalah penyelesaian pembangunan Dermaga VI serta proses tender Dermaga VII di Pelabuhan Merak. Faik menyebutkan, yang menjadi kendala bukanlah jumlah kapal, melainkan dermaga yang kurang.

Untuk meningkatkan produktivitas dermaga, ASDP mempercepat port time dari 60 menit menjadi 45 menit, serta memangkas waktu sailing time dari 120 menit menjadi 100 menit.

Pembangunan Dermaga VI Pelabuhan Merak ditargetkan selesai pada Februari tahun depan. Sementara itu, proses pembangunan Dermaga VII di Bakauheni masih 35 persen dan Dermaga VII di Merak masih dalam proses tender. (Baca: Pangkas Dwelling Time, 3 Pelabuhan Disiapkan Bantu Tanjung Priok)

ASDP Indonesia berharap layanan premium bisa mulai diterapkan di dermaga sebelum hajatan Asian Games 2018. Nantinya, kendaraan glolongan IV penumpang bisa mendapatkan layanan lebih di pelabuhan maupun di atas kapal.

Perusahaan ini juga menjanjikan layananan lounge serta valet parking di atas kapal bagi pengguna jasa serta kendaraan golongan IV penumpang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait