Pasar Minyak Dunia Gelisah Jelang Pertemuan OPEC

Maria Yuniar Ardhiati
30 November 2016, 16:19
Sumur Minyak
Chevron

Kegelisahan membayangi pasar minyak dunia menjelang pertemuan yang akan digelar organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC). Para anggota organisasi ini akan membahas kemungkinan pemangkasan produksi untuk memulihkan harga yang telah anjlok sejak pertengahan 2014.

“Saat ini, kesepakatan untuk membatasi produksi minyak terlihat suram. Harga minyak mencerminkan kondisi tersebut,” ujar analis dari Forex.com, Fawad Razaqzada, seperti dilansir Reuters, Rabu (30/11). Meski demikian, masih ada harapan karena OPEC kerap mengambil keputusan pada detik-detik terakhir.

Advertisement

Harga minyak mentah berjangka acuan West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan US$ 45,38 per barel, atau naik 35 persen. Sementara itu, masih belum ada laporan harga untuk minyak mentah acuan Brent. (Baca: Kebijakan Harga Minyak Dikritik Jelang Pertemuan OPEC)

Harga minyak merosot hampir 4 persen dalam sesi perdagangan sebelumnya, menyusul perdebatan yang muncul antara Arab Saudi, Iran serta Irak, mengenai rencana pengurangan produksi.

Para pedagang menyatakan pasar sedang dalam kecemasan tinggi, karena harga bisa berubah sangat cepat, tergantung pada keputusan OPEC dalam pertemuan di Wina, Austria, hari ini.

Razaqzada menjelaskan jika pertemuan OPEC ini berhasil memutuskan adanya pengurangan produksi, maka harga minyak bisa pulih hingga di atas US$ 50 per barel.  Namun, jika pertemuan itu tidak membuahkan kesepakatan, harga minyak bisa terjun ke level US$ 40 per barel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement