Terminal 3 Kebanjiran, WIKA Butuh Waktu Sepekan untuk Perbaikan

Maria Yuniar Ardhiati
15 Agustus 2016, 11:28
Terminal 3 Ultimate
Arief Kamaludin|KATADATA

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, terus dirundung masalah. Pada Minggu (14/8), terminal yang  baru mulai beroperasi Selasa pekan lalu (9/8) lalu itu, tergenang air. Proses perbaikannya diperkirakan memakan waktu satu minggu.

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sebagai pemimpin konsorsium kerjasama operasi (KSO) Kawahepejaya Indonesia dalam pembangunan Terminal 3, akan menangani pengerjaan perbaikan tersebut. (Baca: Baru Beroperasi, Terminal 3 Menuai Keluhan dan Masalah

Advertisement

Sekretaris Perusahaan WIKA Suradi mengatakan, air yang menggenangi Terminal 3 akibat meluapnya buangan air di bak kontrol terbuka di bawah lantai plaza. "Ini akibat curah hujan tinggi,” katanya, dalam siaran pers WIKA, Minggu (14/8) malam.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tim KSO akan mengusulkan pembuatan sodetan dari masing-masing bak kontrol untuk dibuang ke sungai terdekat. Jalur sodetan tersebut akan memotong jalan. Pengerjaan sodetan ini rencananya mulai dilakukan sejak Senin malam ini, mulai pukul 23.00 hingga 5 pagi. KSO menyiapkan manajemen teknisi dan pekerja sebagai tim kerja yang bertugas 24 jam, dan terbagi dalam dua shift.

Selain itu, Suradi menjelaskan, tim konsorsium akan membuat by pass atap talang dari atap untuk langsung dibuang ke saluran drainase terbuka di luar. Tujuannya agar aliran air yang masuk ke saluran pembuangan dapat berkurang. 

“Ditargetkan pengerjaan sodetan dan talang tambahan selesai dalam waktu satu pekan,” ujar Suradi. (Baca: Terminal 3 Soekarno Hatta Baru Bisa Beroperasi 40 Persen)

Sebelumnya, Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi, selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta, mengakui adanya beberapa titik genangan yang disebabkan hujan deras yang terjadi pukul 16.00, Minggu kemarin. Namun, dia mengklaim persoalan tersebut telah diatasi.

Persoalan banjir tersebut bukan satu-satunya permasalahan yang muncul sejak Terminal 3 diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa pekan lalu.

Sekitar 12 jam setelah beroperasi, terjadi gangguan listrik di Terminal 3 tersebut pada Selasa petang. Hal ini berujung pada penundaan atau delay jadwal penerbangan hingga sekitar pukul 9 malam. Puluhan penerbangan Garuda Indonesia, satu-satunya maskapai yang baru beroperasi di terminal itu, mengalami penundaan.  (Baca: Angkasa Pura II Klaim Terminal 3 Soekarno Hatta Siap Beroperasi)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement