Pemerintah Bangun Pelabuhan Patimban untuk Industri Otomotif

Ameidyo Daud Nasution
11 Agustus 2016, 18:08
No image

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah berkomitmen penuh untuk mengembangkan industri otomotif. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun Pelabuhan Patimban di wilayah utara Jawa Barat.

Pelabuhan itu akan menjadi penunjang utama kelancaran logistik untuk kebutuhan industri otomotif. Apalagi, beberapa perusahaan otomotif tercatat memiliki pabrik perakitan di wilayah utara Jawa Barat, seperti Bekasi serta Karawang.

"Apabila logistik dipermudah, maka industri ini akan tumbuh baik," kata Kalla saat membuka acara "Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)" di ICE-BSD City, Serpong, Kamis (11/8). Karena itu, pemerintah akan segera merealisasikan pembangunan pelabuhan tersebut. (Baca:Utang untuk Proyek Pelabuhan Patimban Maksimal Rp 28 Triliun)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menargetkan penandatanganan perjanjian pembiayaan Pelabuhan Patimban dengan pihak Jepang bisa dilakukan tahun ini. Jadi, pengerjaan proyeknya bisa dimulai tahun depan dan rampung pada 2019.

Pada pembangunan tahap awal ini Pelabuhan Patimban bisa menampung 1,5 juta unit kontainer setara 20 kaki (TEUs). Kapasitasnya akan ditambah menjadi 7,5 juta TEUs pada 2037. (Baca: Usulan Jonan, Pemerintah Bahas Utang Jepang untuk Pelabuhan Patimban)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...