Pemasukan OPEC Terendah dalam 10 Tahun

Maria Yuniar Ardhiati
24 Juni 2016, 09:44
minyak
Katadata

Negara-negara pengekspor minyak yang tergabung dalam OPEC mencatatkan pemasukan yang terendah dalam satu dekade terakhir. Pendapatan dari penjualan minyak mentah pada 2015 merosot hampir sebesar 46 persen dibandingkan thun sebelumnya menjadi US$ 518 miliar atau sekitar Rp 6.941,2 triliun.

Anjloknya harga minyak dunia mengakibatkan negara-negara OPEC melakukan pengeluaran yang lebih besar untuk impor. Kinerja ekspor pun tidak mampu menandingi impor untuk pertama kalinya dalam 17 tahun terakhir.

Advertisement

Laporan kinerja itu dimuat dalam buletin tahunan OPEC edisi ke-51, yang baru dirilis Kamis (23/6). "Ini bentuk komitmen OPEC untuk menyajikan data secara transparan dan mendukung stabilitas pasar," kata Sekretaris Jenderal OPEC Abdalla Salem El-Badri, seperti dilansir Bloomberg.

Harga minyak mentah merosot 35 persen tahun lalu. Kondisi ini menjadi yang terburuk sejak krisis keuangan global tahun 2008. Pasar minyak dunia mengalami ketidakseimbangan sepanjang 2015. (Baca: OPEC Tanpa Keputusan, Harga Minyak Tembus US$ 50 per Barel)

Di satu sisi, permintaan terhadap minyak melambat, terutama dari Cina. Namun di sisi lain, negara-negara penghasil minyak terbesar dunia masih berlomba-lomba memacu produksi sehingga membanjiri pasar minyak dunia. Sebenarnya OPEC tidak setuju dengan adanya strategi ini untuk memperbaiki harga minyak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement