Jokowi Tambah Anggaran Tol Trans-Sumatera Rp 1,2 Triliun

Maria Yuniar Ardhiati
12 Februari 2016, 12:27
Tol JORR W2 Kebon Jeruk-Ulujami
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pembangunan proyek jalan tol.

KATADATA - Pemerintah berjanji akan menambah anggaran dana untuk pembangunan tol Trans Sumatera sekitar Rp 1,2 triliun. Dana itu akan digunakan untuk membiayai pembebasan lahan proyek tersebut.

Komitmen penambahan anggaran itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat meninjau perkembangan pembangunan tol Trans Sumatera di Provinsi Lampung, Kamis (11/2). Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengeluhkan minimnya anggaran pembebasan lahan di wilayahnya. “Kami akan siapkan Rp 1,2 triliun untuk (pembebasan lahan) di Lampung,” kata Jokowi dalam siaran pers Sekretariat Kepresidenan. Untuk membahas tambahan anggaran itu, Presiden berencana menggelar rapat kabinet.

Advertisement

Pembangunan konstruksi tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sudah memasuki proses pengecoran sepanjang 7,8 kilometer. Jokowi menargetkan beberapa ruas tol itu sudah dapat digunakan saat hari raya Idul Fitri pertengahan tahun nanti. Percepatan pembangunan infrastruktur ini diharapkan mampu menggiring kepercayaan investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia. “Tetap akan saya cek terus pembangunannya,” katanya.

(Baca: Terganjal RTRW, Proyek Tol Trans Sumatera di Riau Terlambat

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hediyanto Husaini mengatakan, hingga saat ini total lahan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah dibebaskan mencapai 45 kilometer dari total 140 kilometer dalam delapan bulan terakhir. Ia menargetkan seluruh pembebasan lahan rampung pada September mendatang. “Kami juga bersyukur masyarakat sekitar kooperatif,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement