Trump Pilih Mantan Bos Gulat WWE Pimpin Agen Federal UKM

Trump menilai Linda McMahon telah berhasil mengembangkan WWE, waralaba pertunjukan gulat, yang semula hanya dioperasikan 13 orang, menjadi perusahaan berkelas dunia.
Maria Yuniar Ardhiati
8 Desember 2016, 16:12
Donald Trump
Katadata

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menunjuk mantan CEO World Wrestling Entertainment (WWE), Linda McMahon, untuk memimpin Small Business Administration.  Ini merupakan lembaga independen dari pemerintah federal yang menaungi para wiraswasta dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di AS.

“Linda memiliki latar belakang luar biasa dan sangat dikenal sebagai wanita pimpinan kelas atas di bidang bisnis tingkat dunia,” kata Trump menjelaskan alasannya tersebut, seperti dilansir CNN, Rabu (7/12). (Baca: Jokowi Siap Ajarkan Donald Trump Kesuksesan Tax Amnesty)

Trump menilai McMahon telah berhasil mengembangkan WWE, waralaba pertunjukan gulat, yang semula hanya dioperasikan 13 orang menjadi perusahaan berkelas dunia yang sekarang memiliki lebih dari 800 pekerja di banyak negara. Bersama dengan suaminya, Vince McMahon, Linda mendirikan waralaba gulat WWE. Pada 2009, Linda meninggalkan rutinitasnya di WWE.

Meski Trump sudah memilihnya, Linda harus memperoleh persetujuan dari Senat sebelum akhirnya bisa memimpin Small Business Administration. Sebelumnya, Linda pernah dua kali menjadi kandidat Senat dari Partai Republik  pada 2010 dan 2012.

Seorang senator yang merupakan pesaing Linda pada kampanye tahun 2010, Dick Blumenthal, kepada CNN menyebut Linda sebagai pembawa harapan dalam tim ekonomi Trump. (Baca: Setelah Trump Menang, Pasar Bisa Bergejolak Hingga 2017)

Namun, Linda ternyata bukanlah pendukung setia Trump. Kepada Yahoo, ia pernah mengatakan tersinggung atas komentar Trump yang menyebut perempuan sebagai kaum yang “tercela”. “Ia (Trump) tidak pernah membantu perempuan untuk mendapatkan yang terbaik."  

Meski begitu, kepada Associated Press, Linda menyatakan tetap pendukung kuat Trump. Linda mendonasikan US$ 6 miliar pada Agustus dan September lalu untuk "Rebulding Amerika Now", sebuah lembaga pendukung kampanye Trump.

Sebenarnya, menurut Linda, Trump merupakan sosok sahabat yang loyal. “Ketika Anda sudah menjadi sahabatnya, ia akan setia selamanya,” katanya.

Sedangkan Trump menilai Linda akan menjadi seorang pemimpin fenomenal untuk sektor usaha kecil dan meningkatkan semangat kewirausahaan Amerika. (Baca: Pasar Global Terpuruk Menyambut Kemenangan Trump)

Pada Rabu (7/12), Linda menggunggah cuitannya di Twitter. “Merasa terhormat telah ditunjuk Presiden Terpilih @realDonaldTrump untuk menjadi kepala @SBAgov untuk bisnis dan kewirausahaan negara kita!”

Video Pilihan

Artikel Terkait