Bertambah Dua, Pasien Sembuh dari Corona Menjadi Lima Orang

Pasien sembuh akan diminta mengisolasi diri selama sepekan, dan melakukan pemantauan kondisi kesehatan secara mandiri.  
Dimas Jarot Bayu
13 Maret 2020, 20:50
DUA WNI POSITIF VIRUS CORONA
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Petugas menggunakan masker di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). RSPI Sulianti Saroso merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien corona.

Pemerintah mengumumkan dua pasien corona telah menjalani tes kembali dan dinyatakan negatif terinfeksi virus tersebut. Dengan demikian, sudah ada lima pasien corona di Indonesia yang dinyatakan sembuh.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto mengatakan, dua pasien yang sembuh merupakan pasien nomor 1 dan 3. “Pasien nomor 1 dan nomor 3 sudah dua kali diperiksa hasilnya negatif,” kata dia di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (13/3).

Keduanya telah diizinkan pulang. Namun, mereka masih menunggu pasien nomor 2 sembuh sehingga belum meninggalkan rumah sakit. “Mereka tidak akan pulang duluan,” kata Yurianto.

(Baca: Dua Balita Positif Terinfeksi Virus Corona )

Advertisement

Ia menjelaskan, pasien nomor 2 baru dinyatakan negatif melalui uji polymerase chain reaction (PCR). Namun, pasien tersebut belum melalui uji genome sequencing untuk memverifikasi hasil uji PCR.

Jika pasien 2 telah dinyatakan sembuh, maka pemerintah akan mengedukasi ketiganya untuk bisa mengisolasi diri selama sepekan setelahnya. Mereka juga diminta melakukan pemantauan kondisi kesehatan secara mandiri.

Adapun puskesmas dekat kediaman ketiga pasien telah diberikan surat rujukan balik. “Dinas Kesehatan setempat juga sudah tahu,” kata Yurianto.

(Baca: Beda Penanganan Flu Burung dan Virus Corona)

Sebelumnya, pasien nomor 6, 14, dan 19 juga telah dinyatakan sembuh dari infeksi corona. Pasien 6 adalah laki-laki berusia 39 tahun dan merupakan awak kapal pesiar Diamond Princess.

Sedangkan pasien nomor 14 dan 19 adalah laki-laki berusia 50 dan 40 tahun yang tertular di luar negeri atau imported case. “Setelah pengecekan oleh tim dokter periksa dan disaksikan Menteri Kesehatan, maka tiga pasien sudah membaik secara klinis," kata Yurianto.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait