5 Orang Masih Diperiksa Lantaran Kontak Dekat dengan Pasien Corona

Dimas Jarot Bayu
6 Maret 2020, 18:35
virus corona, pasien corona bertambah, corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas menggunakan baju pelindung saat memasuki Ruang Isolasi Gedung Mawar, Rumah sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (3/3/2020).

Juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan terdapat lima orang lainnya yang diduga (suspect) terjangkit virus corona lantaran pernah melakukan kontak dekat dengan dua pasien positif corona pertama di Indonesia.

Menurut dia, orang-orang tersebut memiliki gejala influenza. “Memiliki gejala fisik yang mengarah ke influenza, meski tidak berat. Ringan dan sedang saja,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3).

Ia menjelaskan, Kementerian Kesehatan dengan bantuan Kepolisian dan Badan Intelijen Negara (BIN) menelusuri orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan kedua pasien corona pertama. Awalnya, sebanyak 80 orang ditelusuri, kemudian dikerucutkan menjadi 20 orang.

(Baca: Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 4 Orang)

“Ternyata bisa dikecilkan, karena ada yang sama sekali tidak berada di ruangan itu, misalnya tukang parkir dan lainnya,” kata Yurianto.

Dari 20 orang tersebut, kemudian dikerucutkan kembali menjadi tujuh orang yang menjalani pemeriksaan corona. Dari tujuh orang, dua orang telah ditingkatkan statusnya menjadi positif terjangkit corona atau Covid-19. Sedangkan lima orang lainnya masih dalam pemeriksaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...