Maskapai Mulai Setop Penerbangan dari dan Menuju Tiongkok

Image title
3 Februari 2020, 21:50
virus corona, penerbangan ke China dihentikan, citilink, lion air, garuda Indonesia
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Pesawat melintasi landasan pacu tiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020).

Sejumlah maskapai mulai menghentikan penerbangan dari dan menuju Tiongkok. Ini seiring arahan pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona ke Tanah Air. Arahan tersebut berlaku untuk maskapai lokal maupun asing.

Citilink Indonesia menyatakan sudah menghentikan penerbangan dari dan menuju Tiongkok sejak 1 Februari lalu. "Pemberhentian sementara dilakukan baik penerbangan reguler maupun penerbangan charter. Ini untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia," kata Direktur Utama Citilink Juliandra seperti dikutip dari siaran pers, Senin (3/2).

(Baca: Cegah Penyebaran Corona, Kemendag Setop Impor Pangan dari Tiongkok)

Anak usaha Garuda Indonesia tersebut memiliki satu penerbangan reguler dengan rute Denpasar-Kunming, serta lima penerbangan charter dengan rute Manado-Guiyang, Padang-Kunming, Denpasar-Wenzhou, Denpasar-Guiyang dan Solo-Kunming.

Selain menutup penerbangan, Citilink melakukan upaya antisipasi dengan menyemprotkan cairan disenfektan untuk pesawat yang sebelumnya terbang dari Tiongkong. Perusahaan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara setempat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

(Baca: Wabah Virus Corona Bayangi Target 18 Juta Kunjungan Wisman Tahun Ini)

Untuk penumpang yang terlanjur memesan tiket dari dan menuju Tiongkok akan mendapatkan pengembalian dana (refund), sesuai ketentuan yang berlaku. Penumpang diminta untuk menghubungi Citilink untuk mengetahui soal refund tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...