Respons Saran SBY Soal Kasus Jiwasraya, Jubir Jokowi: Terima Kasih

Dimas Jarot Bayu
29 Januari 2020, 19:00
Jiwasraya, Korupsi Jiwasraya, SBY, Jokowi, Pemilu 2019
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menanggapi positif saran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait penanganan kasus dugaan korupsi Jiwasraya. Ia mengucapkan terima kasih atas saran tersebut.

Menurut dia, berbagai kritik dan saran akan menjadi masukan bagi pemerintah. “Kami perhatikan apa yang jadi masukan SBY,” kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/1).

Advertisement

Ia menilai pernyataan SBY menandakan bahwa demokrasi masih berjalan di Indonesia. Dia lantas menyebut bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk mengkritik ataupun memberikan saran kepada pemerintah. “Enggak ada yang dapat perlakuan buruk apabila kritik di Indonesia,” ujarnya.

(Baca: Erick Thohir Targetkan Cicil Dana Nasabah Jiwasraya Akhir Maret 2020)

Sebelumnya, SBY meminta pemerintah menginvestigasi tujuh hal terkait kasus dugaan korupsi Jiwasraya. Ini dinilai penting untuk mengungkap semua penyimpangan dan kesalahan yang terjadi. Dengan begitu, bisa dilakukan perbaikan menyeluruh dalam manajemen dan akuntabilitas keuangan BUMN asuransi tersebut.

Menurut dia, hal pertama yang perlu diinvestigasi adalah jumlah kerugian Jiwasraya. “Betulkah kerugian Jiwasraya Rp 13,7 triliun, "kata SBY dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/1).

Kemudian, hal kedua yang perlu diinvestigasi adalah alasan mengapa Jiwasraya merugi dan menempatkan dana pada saham yang berkinerja buruk. “Apakah ini disengaja karena ada yang ingin mengambil keuntungan pribadi,” kata SBY.

Ketiga, penyebab perusahaan asuransi pelat merah itu merugi dan oknum yang terlibat. Apakah betul hanya lima orang atau ada aktor intelektual yang bekerja di belakang. “Ini penting agar negara tidak salah mengadili dan menghukum seseorang,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement