BMKG Peringatkan Potensi Hujan Disertai Petir dan Angin di 19 Daerah

Martha Ruth Thertina
20 Januari 2020, 08:27
BMKG, Cuaca Hari Ini, gelombang tinggi
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Awan bergelayut di atas Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (17/12/2019).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah daerah, pada Senin (20/1) ini.

Hingga pukul 07.54 WIB, peringatan dini diberikan untuk 19 daerah, yaitu DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Aceh, Bangka Belitung, dan Bengkulu.

Advertisement

(Baca: Beda Penanganan Infrastruktur Mengatasi Banjir di Jakarta dan Semarang)

Khusus di Jakarta, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi disertai kilat/petir dan angin kencang. Hujan sedang diprediksi mengguyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu pada siang hari. Kemudian, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat bepotensi mengalami hujan lokal pada siang hari.

Sedangkan pada malam hari, hujan ringan berpotensi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi. Di Maluku, terdapat potensi gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter di Laut Seram bagian Timur, perairan P. Ambon-P. Lease, Buru, Laut Banda, perauran Kepulaua Kai-Aru, Sermata Leti, Babar Tanimbar, dan Laut Arafuru.  

(Baca: Ada Petir di Letusan Gunung Taal, Berikut Ini Penjelasan BMKG)

Di Bali, terdapat potensi gelombang setinggi 2 meter atau lebih di sekitar Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement