Holding Asuransi Tanpa Jiwasraya, Bahana Dipilih Jadi Induk

Image title
16 Januari 2020, 18:55
Holding Asuransi, Jiwasraya
Katadata
Gedung Kementerian BUMN di Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, (17/11/2014).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan Bahana Pembinaan Usaha Indonesia menjadi induk usaha (holding) BUMN sektor asuransi. Holding asuransi ini tidak melibatkan Asuransi Jiwasraya dan diperkirakan akan terealisasi tahun ini.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Bahana akan membawahi Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), dan Jasa Raharja.

"Segera (terbentuk), sekarang prosesnya pembuatan Peraturan Pemerintah," kata Tiko, sapaan akrabnya, ketika ditemui di Jakarta, Kamis (16/1). Meski begitu, Tiko tidak menjelaskan lebih lanjut, ketiadaan Jiwasraya dalam holding ini.

(Baca: PPATK Diajak Telisik Dana Mencurigakan pada Kasus Korupsi Jiwasraya)

Terkait Jiwasraya, ia hanya mengatakan bahwa sudah ada investor yang ingin menjadi pemilik baru dari anak usaha Jiwasaraya yaitu, Jiwasraya Putra. Penjualan anak usaha ini untuk menopang likuiditas Jiwasraya. "Ada tiga investor dari asing dan satu dari lokal," kata dia.

Tiko berjanji akan bicara tentang penyelesaian masalah likuiditas Jiwasraya pada pekan depan. Ini menyusul pembicaraan yang sedang berlangsung antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Keuangan dan OJK.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...