Bus Tanpa Awak Ditargetkan Beroperasi di Ibu Kota Baru pada 2024

Dimas Jarot Bayu
15 Januari 2020, 21:54
Ibu Kota Baru, Bus Tanpa Awak, Bus Tanpa Awak di Ibu Kota Baru, Kendaraan Listrik, Kendaraan Otonom, Uji Coba Kendaraan Listrik
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Pemerintah menargetkan operasional kendaraan otonom atau tanpa awak di ibu kota baru pada 2024. Untuk tahap awal, kendaraan tanpa awak yang akan dioperasikan yakni berjenis bus.

Jika penerapannya berhasil, pemerintah akan menerapkan kendaraan tanpa awak berjenis kereta di ibu kota baru. "Jadi kami tingkatkan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1).

Ia mengatakan, tidak ada infrastuktur khusus yang dibangun untuk bus tanpa awak. Bus akan beroperasi di jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dan ibu kota baru.

(Baca: Jokowi Rencanakan Transportasi Massal Tanpa Awak di Ibu Kota Baru)

Atas dasar itu, ia menilai biaya untuk penerapan kendaraan otonom ini tidak akan terlalu mahal. "Ini tidak semahal kalau kita harus membangun LRT dan MRT," kata dia.

Untuk bisa mewujudkan rencana tersebut, pemerintah bakal menggandeng investor internasional yang sudah menguasai soal kendaraan tanpa awak. Setelah mendapatkan investor, pemerintah akan membuat peta jalan untuk penerapannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...