Jokowi Rencanakan Transportasi Massal Tanpa Awak di Ibu Kota Baru

Dimas Jarot Bayu
15 Januari 2020, 15:35
Jokowi, Ibu kota baru, transportasi massal tanpa awak
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kanan) saat meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Presiden Jokowi mengatakan, transportasi massal di ibu kota baru akan menggunakan teknologi otonom (autonomous), alias dikemudikan tanpa awak.

“Kami mau bangun transportasi di sana umumnya, massalnya adalah autonomous,” kata Jokowi di Rafles Hotel, Jakarta, Rabu (15/1). Kendaraan pribadi juga diharapkan bisa memiliki teknologi yang sama.

Selain itu, kendaraan diharapkan menggunakan energi listrik sehingga rendah emisi dan berkontribusi pada penghematan bahan bakar minyak. “Sehingga semua murah,” ujarnya.

(Baca: Bertemu Investor Dunia, Jokowi Beberkan Rancangan Besar Ibu Kota Baru)

Lebih lanjut, Jokowi menginginkan pembangunan ibu kota baru tidak sekadar memindahkan gedung-gedung dari Jakarta. “Orang berpikir memindahkan lokasi, gedung, bukan itu. Kami ingin ada pemindahan kultur kerja,” kata dia.

Akhir Agustus lalu, Jokowi mengumumkan ibu kota baru akan berlokasi di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Luas dua kabupaten di Kalimantan Timur  itu jauh lebih besar dari Jakarta.

Total dana pemindahan ibu kota sekitar Rp 486 triliun. Sebanyak 54,6% dari total dana ini atau Rp265,2 triliun akan dipenuhi melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha.

(Baca: Jokowi Izinkan Namanya Dicatut untuk Selesaikan Masalah Investasi)

Sedangkan pihak swasta akan berkontribusi sekitar 26,2%. Sisanya, 19,2% atau sekitar Rp 93,5 triliun berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...