Peringatan Dini BMKG: Hujan dan Gelombang Tinggi di Berbagai Wilayah

Martha Ruth Thertina
2 Januari 2020, 08:21
BMKG, Prakiraan Cuaca Hari Ini, Prediksi Cuaca Hari Ini
Antara Foto/Rivan Awal Lingga
Laboratorium BMKGs, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan sederet peringatan dini cuaca hari ini. Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. Gelombang tinggi berpeluang terjadi di beberapa perairan. 

Jawa

Advertisement

Di Jakarta, hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari. Hujan juga berpotensi mengguyur berbagai wilayah lain di Pulau Jawa.

Di Jawa Barat, hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Subang, Majalengka, Kuningan, Sumedang, Cirebon, Indramayu, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Hujan diprediksi terjadi pada siang/sore hingga menjelang malam.

Di Jawa Timur, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari di wilayah Mojokerto, Pulau Bawean, Jombang, Nganjuk, Trenggalek, Blitar, Kediri, Malang, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Masih dari Jawa, gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Banten, dan Samudera Hindia, selatan Banten.

(Baca: Foto: Banjir dan Hujan Deras di Seantero Jakarta)

Bali dan Nusa Tenggara

Di Bali, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali. Ketinggian gelombang laut diprediksi mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, dan Samudera Hindia selatan Bali.

Di Nusa Tenggara Barat (NTB) , hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang hingga malam hari di sebagian wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Kota Bima, Bima dan Dompu. Ketinggian gelombang laut diprediksi mencapai 2 meter atau lebih di Selat Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas Bagian Selatan, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bagian selatan.

Sedangkan di Nusa Tenggara Timur (NTT), angin kencang dan gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah Perairan NTT bagian selatan hingga barat. Hujan disertai petir berpotensi terjadi di Borong, Bajawa, Ruteng, Tanjung Bunga,Mbeiling, Riung, dan Komodo.

Sumatra dan Bangka Belitung

Di Lampung, hujan lebat disertai kilat/petir dan dapat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada sore dan malam hari di Balam, Lamsel, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Lambar, Pesibar, Lamtim, Metro, dan Lamteng.

Di Bengkulu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Di Bangka Belitung, hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari di wilayah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan dan sekitarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement