Jokowi Temui Para Perwira Tinggi Jelang Penetapan Wakil Panglima TNI

Dimas Jarot Bayu
18 November 2019, 13:59
Wakil Panglima TNI, Jokowi
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Presiden Jokowi melanjutkan pertemuan dengan para perwira tinggi TNI. Setelah bertemu dengan perwira tinggi TNI Angkatan Darat pekan lalu, hari ini Jokowi bertemu dengan perwira tinggi Angkatan Laut dan Udara. Pertemuan ini digelar menjelang penetapan Wakil Panglima TNI.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan, pertemuan tersebut tidak membahas mengenai wakil panglima TNI. Namun, penetapan wakil panglima TNI memang tengah diproses. "Tadi kami mengadakan pertemuan dengan Pratikno sebagai Mensesneg, beliau mengatakan sedang diproses pemerintah," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/11) 

Advertisement

Ia menjelaskan, sebagai pemegang kekuasaan tertinggi TNI, Jokowi akan langsung memilih dan memutuskan sosok yang menjadi Wakil Panglima TNI. Dalam urusan ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hanya memberikan pertimbangan. "Semuanya menjadi hak prerogratif dari Presiden," kata dia.

(Baca: Dikritik Puan, Moeldoko Sebut Rencana Jokowi Tambah Wamen Bisa Berubah)

Adapun jabatan Wakil Panglima TNI telah diatur dalam Pasal 13 ayat 1 Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Jabatan ini ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement