Program Kerja Periode 2 Jokowi Dikritik karena Hanya Fokus Isu Ekonomi

Rizky Alika
21 Oktober 2019, 07:05
Jokowi, program kerja Jokowi, program kerja jokowi lima tahun ke depan, program kerja jokowi amin, Kabinet baru Jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (tengah) bersiap memberikan keterangan kepada wartawan usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi dilantik, kemarin. Dalam pidato perdana di periode kedua pemerintahannya, Jokowi menyampaikan program kerja prioritas yaitu di bidang ekonomi. Hal ini menuai sorotan dari pengamat politik Yunarto Wijaya.

Ia mempertanyakan program kerja di bidang Hak Asasi Manusia (HAM), lingkungan hidup, dan pemberantasan korupsi. Menurut dia, program kerja Jokowi di bidang-bidang ini tidak terlalu terlihat. "Harusnya isu tersebut bisa juga dimunculkan," kata dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).

(Baca: Video: Lima Prioritas Kerja Jokowi-Ma’ruf)

Di periode kedua, ia menilai Jokowi akan menghadapi tantangan berbeda lantaran porsi partai yang masuk ke koalisi pemerintah lebih besar dari sebelumnya. Jokowi perlu memastikan kualitas dari menteri yang akan ia tunjuk meskipun ada tekanan dari partai.

Ia berharap, Jokowi tetap konsisten terhadap janjinya bahwa menteri dari unsur partai politik hanya akan mencapai 45% dari seluruh jajaran menteri. Jokowi juga diharapkan tak segan untuk melakukan reshuffle terhadap menteri yang kinerjanya di bawah target.

"Sehingga masyarakat bisa mengerti bahwa kompromi politik harus diakomodir tapi tanpa mengorbankan kualitas," ujar dia.

(Baca: Nadiem, Erick Thohir, Mahfud, dan Lutfi Disebut Masuk Kabinet Jokowi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...