Dolar Menguat Jelang Negosiasi AS-Tiongkok, Harga Emas Merosot

Martha Ruth Thertina
8 Oktober 2019, 10:03
 harga emas hari ini, harga emas Antam hari ini
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Harga emas dunia turun ke bawah US$ 1.500 per ounce seiring penguatan dolar Amerika Serikat (AS). Hal ini terjadi menjelang ronde baru negosiasi dagang AS dan Tiongkok.

Berdasarkan data Bloomberg, saat berita ini ditulis, harga emas di bursa Comex tercatat US$ 1.497 per ounce, turun 0,46% dari perdagangan sebelumnya. Sedangkan harga emas di pasar spot US$ 1.490 per ounce atau turun 0,19% dari perdagangan sebelumnya.

Advertisement

Di sisi lain, dolar AS cenderung menguat terhadap mata uang utama dunia. Ini tercermin dari pergerakan naik indeks dolar AS. Pergerakan kurs dolar AS dan harga emas memang biasanya bertolak belakang. Saat dolar AS menguat, harga emas biasanya melemah. Sebab, emas yang dihargai dalam dolar AS akan lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain.

Adapun beberapa isu masih menjadi perhatian investor global antara lain perkembangan negosiasi dagang AS dan Tiongkok. Kedua negara akan memulai ronde baru negosiasi dagang pekan ini.

(Baca: Perang Dagang Meluas ke UE, Menteri Enggar Khawatir Ekspor Terganggu)

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He yang akan memimpin negosiasi Tiongkok mengatakan kepada pejabat tinggi bahwa penawarannya untuk AS tidak akan termasuk komitmen untuk mereformasi kebijakan industri atau subsidi pemerintah. Sedangkan ini merupakan permintaan utama pemerintah Trump.

Selain negosiasi dagang AS-Tiongkok, investor mencermati kelanjutan pemangkasan suku bunga AS. Pekan ini, akan dirilis U.S. Federal Open Market Committee’s minutes dari pertemuan September lalu. Dokumen ini di antaranya memuat proyeksi dari para petinggi bank sentral AS tentang arah suku bunga acuan ke depan.

Di samping itu, yang juga masih jadi sorotan yaitu ketidakpastian politik di AS, menyusul penyelidikan pemakzulan Presiden AS Donald Trump.

(Baca: Antam Raup Laba Rp 365 Miliar Semester I, Penjualan Emas Naik Rp 14%)

Seiring pergerakan turun harga emas dunia, harga emas Antam ikut turun. Berdasarkan situs logammulia.com, di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung, harga emas Antam tercatat Rp 756 ribu, atau turun Rp 5.000 dibandingkan perdagangan kemarin. Sedangkan harga penjualan kembali Rp 679 ribu per gram, juga turun Rp 5.000 dibandingkan perdagangan kemarin.

Harga Emas Antam, Selasa, 8 Oktober 2019:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 402,500

Emas batangan 1 gr: Rp 756.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement