Pangsa Pemirsa Trans Group Naik Signifikan, Caplok Pasar Pesaing

Martha Ruth Thertina
7 Oktober 2019, 13:00
trans tv
transtv.co.id

Pangsa pemirsa televisi Trans Group naik signifikan pada September 2019. Analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya mengatakan kenaikan tersebut sebagian besar ‘memakan’ pangsa pemirsa rivalnya yaitu Surya Citra Media (SCMA), dan perusahaan Bakrie Group seperti Visi Media Asia (VIVA) dan Intermedia Capital (MDIA).

Ia memaparkan, pangsa pemirsa Trans Group naik signifikan, terutama untuk waktu prime time. Dua stasiun televisinya, Trans dan Trans 7 membukukan kenaikan pangsa masing-masing 120 basis poin (bps) dan 170 bps. Sedangkan di luar waktu prime time, pangsa pemirsa Trans Group naik 170 bps menjadi 18,8%.

Advertisement

“Sehingga all time audience share (pangsa pemirsa untuk keseluruhan waktu) Trans Group naik cukup signifikan sebesar 220 bps secara bulanan,” kata Christine dalam riset tertulis yang dipublikasikan pada Senin (7/10).

(Baca: Pendapatan dari Iklan Digital Naik, Laba MNC Tumbuh 73,4%)

Di sisi lain, SCMA mencatatkan penurunan pangsa pemirsa untuk keseluruhan waktu sebesar 140 basis poin secara bulanan menjadi 30,3% pada September. Pangsa penonton untuk waktu prime time SCTV turun 40 bps secara bulanan menjadi 17,1%, sedangkan Indosiar turun 130 bps menjadi 12,9%.

Seiring perkembangan tersebut, Christine pun memperingatkan risiko penurunan lebih lanjut saham SCMA, meskipun sudah turun 40% sepanjang tahun ini (year to date) “Kami percaya bahwa seiring penurunan pangsa pemirsa prime-time SCMA akan berdampak negatif pada harga saham perusahaan,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement