Menang Voting, La Nyalla Terpilih Sebagai Ketua DPD Periode 2019-2024

Dari total 134 anggota DPD yang mengikuti voting, sebanyak 47 di antaranya memberikan suara untuk La Nyalla.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
2 Oktober 2019, 00:34
La Nyalla Mattalitti
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Pengusaha dan Mantan Ketua Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) La Nyalla Mattalitti resmi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2019-2024. Keputusan tersebut berdasarkan hasil pemungutan suara atau voting yang dilakukan anggota DPD.

Voting dilakukan dalam sidang paripurna DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa malam, 1 Oktober 2019. “Yang terpilih dengan persetujuan sidang paripurna adalah La Nyalla Mattaliti sebagai Ketua,” kata Ketua sementara DPD Sabam Sirait.

(Baca: Disalami Megawati, Puan Maharani Resmi Jadi Ketua DPR 2019-2024)

Sebelum Voting dilakukan, anggota DPD sempat megambil jalur musyawarah untuk memilih Ketua DPD, namun tak tercapai mufakat. Dari total 134 anggota DPD yang mengikuti voting, sebanyak 47 di antaranya memberikan suara untuk La Nyalla yang merupakan anggota DPD dari Jawa Timur.

Sisanya, sebanyak 40 suara mengalir untuk anggota DPD dari daerah pemilihan (Dapil) Maluku Nono Sampono, 28 suara untuk anggota DPD dari Dapil Kalimantan Timur Mahyudin, 18 suara untuk anggota DPD dari Dapil Bengkulu Sultan Bachtiar, dan satu suara abstain.

(Baca: Video: Suara dan Wajah-wajah Baru Anggota DPR)

Adapun ketiga anggota DPD yang kalah suara dari La Nyalla otomatis menjadi wakil ketua DPD. “Yang terpilih sebagai Wakil Ketua I DPD Nono Sampono, Wakil Ketua II Mahyudin, dan Wakil ketua III Sultan Bachtiar,” ucap Sabam.

Sebelumnya, sebanyak 136 anggota DPD periode 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019.

Video Pilihan

Artikel Terkait