Jokowi Balik Badan Saat Ditanya Penangkapan Dandhy dan Ananda

Dimas Jarot Bayu
27 September 2019, 15:12
Jokowi soal penangkapan Ananda Badudu dan Dandhy Laksono, mahasiswa meninggal demo
ANTARA FOTO/Setpres-Kris
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan terkait kerusuhan di Manokwari dan Sorong di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/8/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan menanggapi penangkapan terhadap dua aktivis Dandhy Laksono dan Ananda Badudu. Jokowi langsung berbalik badan ketika pertanyaan itu dilayangkan awak media kepadanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9).

Awalnya, Jokowi menyampaikan terkait tewasnya dua mahasiswa asal Universitas Halu Oleo bernama Randi (21) dan M. Yusuf Kardawi (19) yang terlibat demonstrasi di Kendari. Dia menyatakan telah memperingatkan polisi agar tidak bertindak represif dan telah memerintahkan investigasi atas kasus tersebut. Ia pun menyampaikan ucapan bela sungkawa.

(Baca: Jokowi Perintahkan Investigasi Tewasnya 2 Mahasiswa dalam Demonstrasi)

Jokowi lalu menjelaskan terkait gempa bumi 6,8 magnitudo di Ambon, Maluku, pada Kamis 26 September 2019. Ia menyampaikan bela sungkawa atas peristiwa tersebut dan menyatakan telah memerintahkan jajarannya untuk membantu korban gempa di Ambon.

“Kepada korban yang meninggal tadi sudah saya sampaikan kepada Menteri Sosial untuk memberikan santunan dan untuk yang luka-luka perawatannya akan ditanggung oleh pemerintah,” ucapnya.

Setelah itu, Jokowi masih mau menjawab pertanyaan terkait kasus tewasnya dua mahasiswa UHO. Namun, setelah ditanyai soal penangkapan Dandhy dan Ananda, dia langsung berbalik badan dan mengakhiri sesi wawancara.

(Baca: Mahasiswa Tampik Pertemuan dengan Jokowi di Istana jika Tertutup)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...