Mahasiswa Tampik Pertemuan dengan Jokowi di Istana jika Tertutup

Dimas Jarot Bayu
27 September 2019, 09:27
Rencana Jokowi Bertemu BEM, Demonstrasi Mahasiswa
Sejumlah mahasiswa melakukan aksi di depan gedung DPR/MPR RI, Jakarta (24/9). Demonstran merebak di sejumlah daerah di Indonesia memprotes rencana pemerintahan Joko Widodo dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan sejumlah rancangan undang-undang.

Presiden Joko Widodo sempat mengungkapkan rencana pertemuan dengan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada Jumat, 27 September 2019. Namun, Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) menyatakan belum menerima undangan dari Jokowi. BEM SI pun mengajukan dua syarat pertemuan.  

Pertama, BEM SI hanya bersedia bertemu Presiden bila pertemuan dilaksanakan se secara terbuka, serta dapat disaksikan oleh publik melalui televisi nasional. Kedua, BEM SI hanya bersedia bertemu Jokowi jika tuntutan mereka dalam “Maklumat Tuntaskan Reformasi” disikapi secara tegas dan tuntas.

Advertisement

“Pertemuan tersebut harus menjamin bahwa nantinya akan ada kebijakan yang konkret demi terwujudnya tatanan masyarakat yang lebih baik,” kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Muhammad Nurdiyansyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/9).

(Baca: Video: Jokowi Buka Peluang Terbitkan Perppu KPK)

Ia menjelaskan, sikap BEM SI ini belajar dari pertemuan dengan Jokowi yang pernah berlangsung di Istana Negara pada 2015. Ketika itu, pertemuan antara BEM SI dengan Jokowi dilakukan di ruang tertutup.

Nurdiyansyah mengatakan, pertemuan itu hanya menghasilkan perpecahan di antara gerakan mahasiswa. “Kami belajar dari proses ini dan tidak ingin menjadi alat permainan penguasa yang sedang krisis legitimasi publik, sehingga akhirnya melupakan substansi terkait beberapa tuntutan aksi yang diajukan,” kata dia.

(Baca: Galang Dana untuk Mahasiswa, Ananda Badudu Ditangkap Polisi)

Menurut dia, yang dibutuhkan para mahasiswa bukan pertemuan yang penuh negosiasi. Mahasiswa, hanya memerlukan sikap tegas Jokowi terhadap tuntutan mahasiswa. Tuntutan sudah disampaikan melalui berbagai aksi dan media.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement