Empat Pejabat Tinggi Kementerian ESDM Bersaing Jadi Dirjen Migas

Para calon telah menjalani tes wawancara pada Senin, 16 September 2019.
Image title
21 September 2019, 07:05
Calon Dirjen Migas, Dirjen Migas Baru, Seleksi Dirjen Migas
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menjalankan proses pemilihan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas). Sebanyak empat kandidat yang bersaing pernah atau tengah memegang jabatan strategis di lingkungan Kementerian ESDM.

Keempat kandidat tersebut yaitu Ediar Usman yang tengah menjabat Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi di Dewan Energi Nasional (DEN). Patuan Alfon Simanjuntak yang tengah menjabat Direktur Bahan Bakar Minyak pada Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

(Baca: Empat Calon Dirjen Migas Jalani Wawancara di Kementerian ESDM)

Kemudian, Setyorini Trihutami yang tengah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “Lemigas” di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM. Terakhir, Andiani yang tengah menjabat Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan di Badan Geologi Kementerian ESDM Andiani.

Advertisement

Berikut profil keempat kandidat:

  1. Ediar Usman. Sebelum menjabat sebagai Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi pada Sekretariat Jenderal DEN, ia pernah menjabat beberapa posisi strategis di antaranya Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM. Ia juga tercatat ikut dalam tim alih kelola wilayah kerja migas terminasi.
  2. Patuan Alfon Simanjuntak. Sebelum menjabat Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas, Alfon pernah menjabat sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “Lemigas” di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM.
  3. Setyorini Trihutami. Sebelum menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “Lemigas” “Lemigas” di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM, ia pernah menjabat Direktur BBM BPH Migas. Selain itu, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.
  4. Andiani. Ia diangkat menjadi Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan di Badan Geologi Kementerian ESDM pada 2017. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala Bidang Geologi Lingkungan di badan tersebut.

Keempat kandidat menjalani wawancara dengan Panitia Seleksi di Kementerian ESDM pada Senin, 16 September 2019. Namun, Kementerian ESDM enggan banyak bicara mengenai proses tersebut, termasuk soal kandidat kuat.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM yang juga Ketua Panitia Seleksi Dirjen Migas Ego Syahrial hanya memberi pernyataan singkat. "Tenang saja ini pasti kami pilih yang terbaik untuk negara dan bangsa. Kita lihat saja," ujarnya kepada katadata.co.id.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait