Jokowi Minta Para Insinyur Asean Bekerja Sama Lahirkan Inovasi

Dimas Jarot Bayu
11 September 2019, 13:01
Jokowi, Insinyur, startup unicorn
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo mendorong para insinyur di Asia Tenggara untuk bekerja sama melahirkan berbagai inovasi. Harapannya, hal ini bisa mendongkrak kemajuan ekonomi negara-negara di kawasan.

“Kerja sama antarinsinyur di Asean ini penting untuk terus ditingkatkan dan saya yakin setiap negara Asean punya kekuatan masing-masing,” kata dia saat membuka The 37th Conference Asean Federation of Engineering Organizations di JI-Expo, Jakarta, Rabu (11/9).

Ia menilai peran insinyur cukup penting saat ini. Apalagi di tengah revolusi industri 4.0. di berbagai lini kehidupan.

Sejauh ini, ia menilai para insinyur di Asia Tenggara sudah cukup berperan. Hal tersebut dibuktikan dengan tumbuhnya berbagai startup. Bahkan, sudah ada 10 startup unicorn di Asia Tenggara. “Di Indonesia antara lain Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak,” kata dia.

(Baca: Suksesi Bukalapak, CEO Achmad Zaky Disebut Akan Diganti Fajrin Rasyid)

Selain kerja sama antarinsinyur, ia mendorong para insinyur untuk bekerja sama dengan orang-orang dari profesi lain. “Melalui pendidikan, penelitian, dan inovasi lintas ilmu kita bisa mengembangkan inovasi lebih hebat,” ujarnya.

Adapun dalam acara tersebut, Jokowi mendapatkan penghargaan “The Afeo Distinguished Honorary Patron Award”. Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas kerja Jokowi sebagai Presiden dalam lima tahun terakhir.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...