Dapat Hibah Tanah, Jokowi: Istana di Papua Dibangun Mulai 2020

Dimas Jarot Bayu
10 September 2019, 14:11
Jokowi, Papua, Istana negara papua, istana papua, istana kepresidenan di papua
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo memastikan pembangunan Istana Kepresidenan di Jayapura, Papua. Hal itu disampaikannya ketika bertemu 61 tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.

“Mulai tahun depan Istana ini akan dibangun (di Papua),” kata Jokowi. Dalam pertemuan tersebut, ia didampingi beberapa pimpinan kementerian dan lembaga seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

Advertisement

Ia mengatakan, pembangunan Istana Kepresidenan di Papua sebetulnya terhambat masalah tanah. Namun, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jayapura Abisai Rollo yang ikut hadir dalam pertemuan berjanji menghibahkan tanahnya seluas 10 hektare.

(Baca: Kontras: Status Tersangka Veronica Koman Keliru dan Ancam Aktivis HAM)

Atas dasar itu, ia lantas menganggap permasalahan tanah sudah selesai. “Benar 10 hektare gratis? Benar? Ok, berarti kalau disampaikan hari ini de facto sudah diserahkan,” ujarnya.

Sebelumnya, para tokoh Papua tersebut memang meminta Jokowi untuk membangun Istana Kepresidenan di Papua. Abisai mengatakan, pembangunan Istana Kepresidenan akan mendekatkan simbol-simbol negara ke Bumi Cendrawasih.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement