Buntut Kasus Suap, Menteri Rini Pecat Dirut Induk Perkebunan PTPN III

Martha Ruth Thertina
10 September 2019, 12:21
Dirut PTPN III, operasi tangkap tangan KPK, PTPN III KPK
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Tersangka Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) Dolly Pulungan berada di dalam mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (4/9/2019). KPK menahan Direktur Utama PTPN III Dolly Pulungan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap distribusi gula di PTPN III.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberhentikan Dolly Pulungan dari posisi Direktur Utama dan I Kadek Kertha Laksana dari posisi Direktur Pemasaran induk perusahaan perkebunan milik negara PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III).

Pemberhentian ini dilakukan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan keduanya sebagai tersangka dalam kasus suap terkait distribusi gula. Seiring keputusan tersebut, Menteri Rini menunjuk pejabat pelaksana tugas (Plt).

Advertisement

Seger Budiarjo dituntuk sebagai Plt Direktur Utama disamping tugasnya sebagai Direktur SDM dan Umum. Kemudian, Ahmad Haslan Saragih sebagai Plt Direktur Pemasaran disamping tugasnya sebagai Direktur Produksi dan Pengembangan. Penunjukan ini ditetapkan melalui surat tertanggal 9 September 2019, dan berlaku hingga diangkatnya pejabat definitif.

(Baca: Arum Sabil, Petani Tebu dalam Pusaran Rente Gula PTPN III)

“Keputusan ini berlaku mulai hari ini dengan ketentuan bahwa apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan di dalamnya akan diadakan pembetulan sebagai mana mestinya,” kata Menteri Rini dalam Surat keputusan yang dibacakan Asisten Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Imam Paryanto, di Jakarta, Senin (9/9).

Sekretaris Perusahaan PTPN III Irwan Perangin-Angin menjelaskan perusahaan merespons positif tindakan cepat Menteri Rini dalam menetapkan Plt direksi. Harapannya, operasional perusahaan tetap berjalan dengan baik.

“Kami berharap keputusan ini bisa dijalankan dengan baik untuk melaksanakan transformasi bisnis yang sudah berjalan dan program kerja di lingkup Perkebunan Nusantara Group,” kata Irwan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement