DPR Mulai Proses Seleksi dan Pemilihan 10 Capim KPK Pekan Depan

Komisi III DPR akan mengundang perwakilan dari berbagai elemen masyarakat untuk memberikan masukan, termasuk KPK dan panitia seleksi calon pimpinan KPK.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
5 September 2019, 22:02
Seleksi pimpinan KPK, 10 calon pimpinan KPK, 10 capim kpk
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Gedung KPK di Jakarta

Seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memasuki tahap akhir yakni penyaringan di DPR. Presiden Joko Widodo telah mengirimkan 10 nama calon, Rabu (4/9).

“Nanti Komisi III di pekan depan akan memulai proses itu,” ujar Anggota Komisi III DPR Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (5/9).

Ia mengatakan, DPR akan mengumumkan nama 10 capim KPK kepada publik. Kemudian, Komisi III akan mengundang perwakilan dari berbagai elemen masyarakat untuk memberikan masukan.

(Baca: Lili Pintauli Siregar, Capim KPK yang Ingin Lindungi Karyawan & Saksi)

KPK dan tim panitia seleksi (Pansel) capim KPK juga akan diundang untuk memberikan masukan. “Karena biasanya kami menggali lebih dalam informasi dari Pansel,” ujarnya.

Komisi III juga akan menggelar uji kelaikan dan kepatutan atas para capim, sebelum mengambil keputusan mengenai lima calon yang lolos menjadi pimpinan KPK.  

Jokowi mengirimkan surat kepada DPR berisi 10 capim KPK, kemarin. Ke-10 capim tersebut merupakan hasil seleksi Pansel atas ratusan pendaftar.

(Baca: Sigit Danang Joyo, Anak Buah Sri Mulyani yang Lolos Seleksi Capim KPK)

Adapun kerja Pansel diwarnai kritikan. Begitu juga dengan hasilnya. Menanggapi hal ini, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, Jokowi tentu sudah mempertimbangkan kredibilitas anggota Pansel.

Lebih lanjut, ia mengingatkan proses seleksi belum berakhir. “Ya nanti kan DPR yang akan memilih lagi. Ada prosedurnya. Jadi percayakan ke DPR lagi setelah itu,” kata dia.

Berikut daftar 10 capim KPK, hasil seleksi Pansel

  1. Alexander Marwata (komisioner KPK 2014-2019)
  2. Firli Bahuri (Polri)
  3. Roby Arya Brata (ASN Sekretariat Kabinet)
  4. Sigit Danang Joyo (ASN Kementerian keuangan)
  5. I Nyoman Wara (auditor BPK)
  6. Johanis Tanak (jaksa)
  7. Lili Pintauli Siregar (advokat)
  8. Luthfi K Jayadi (dosen)
  9. Nawawi Pamolango (hakim)
  10. Nurul Ghufron (dosen)

Video Pilihan

Artikel Terkait