Anak Buah Sri Mulyani Ikut Seleksi BPK, Janji "Bebersih" Auditor Korup

Komisi XI DPR menggelar uji kelaikan dan kepatutan calon Anggota BPK pada 2-5 September 2019. Hasilnya bakal diumumkan pada pertengahan September.
Dimas Jarot Bayu
5 September 2019, 20:12
seleksi BPK, BPK, sri mulyani
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Proses pemilihan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tengah berlangsung di parlemen. Sebanyak 32 calon dijadwalkan mengikuti uji kelaikan dan kepatutan di Komisi XI DPR pada 2-5 September 2019 ini. Salah satu di antaranya anak buah Sri Mulyani, Auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan Indra Utama.

Indra mengatakan bila dirinya terpilih sebagai Anggota BPK, ia bakal fokus meningkatkan integritas auditor. Ini dinilai penting mengingat banyaknya auditor BPK yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini dinilainya menunjukkan lemahnya integritas auditor.

"Bagaimanapun kapasitas sumber daya manusia, canggihnya teknologi, dan dukungan yang diberikan pimpinan BPK, namun apabila mental auditor BPK masih lemah, maka tidak ada gunanya," kata dia ketika menjalani uji kelaikan dan kepatutan di Komisi XI, DPR, Kamis (5/9).

(Baca: Ikut Uji Kelaikan, Mantan Dirut BEI Ingin BPKP Dilebur dengan BPK)

Advertisement

Peningkatan integritas, menurut dia, bisa dilakukan di antaranya dengan memberdayakan manajemen kelembagaan dalam mencegah dan menangani tindak korupsi oleh auditor. "Penindakan langsung, melakukan proses secara hukum terhadap mereka yang tidak melakukan hal sesuai ketentuan," kata dia.

Langkah lainnya, peningkatan sinergi dengan berbagai lembaga dan kementerian di luar BPK. Bahkan, dengan masyarakat. "Masyarakat akan berperan sesuai aturan perundang-undangan," ujarnya.

(Baca: Ketua Komisi XI DPR Tolak Intervensi Sri Mulyani dalam Seleksi BPK)

Dengan peningkatan integritas auditor, Indra meyakini akuntabilitas BPK akan meningkat, begitu juga dengan kepercayaan publik terhadap lembaga auditorat negara tersebut.

Kamis ini merupakan hari terakhir uji kelaikan dan kepatutan Anggota BPK digelar. Selain Indra, terdapat tujuh calon lainnya yang menjalani pengujian di hari terakhir yaitu Tito Sulistio, Heru Kreshna Reza, Riza Suarga, Chandra Wijaya, Sahala B. Pasaribu, Tjatur Sapto Edy, dan Ruslan Abdul Gani.

(Baca: Seleksi Anggota BPK Dinilai Tak Transparan, Sarat Kepentingan Politik)

Selanjutnya, Komisi XI akan memilih lima calon untuk menjadi Anggota BPK periode 2019-2024. Rencananya, pengambilan keputusan bakal dilakukan pada 16 September 2019.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait