Resmi Tawarkan Saham, Gunung Raja Paksi Bidik Rp 1,1 T untuk Akuisisi

Image title
3 September 2019, 14:34
Gunung Raja Paksi, IPO, baja
Agung Samosir|Katadata
Ilustrasi Pabrik Baja

Produsen baja Gunung Raja Paksi membuka penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan menargetkan dana segar Rp 1,1 triliun dari aksi korporasi tersebut, yang mayoritas akan digunakan untuk melunasi utang terkait akuisisi produsen baja lain.

Perusahaan menawarkan sebanyak-banyaknya 1,2 miliar lembar saham dengan kisaran harga Rp 832-900 per saham. PT Kresna Sekuritas dan PT UOB Kay Hian Sekuritas ditunjuk sebagai Pelaksana Emisi Saham. Selain melaksanakan IPO, perusahaan menawarkan obligasi wajib konversi (OWK).

Advertisement

"Masa awal penawaran awal akan berlangsung pada 3-5 September 2019, dan penawaran umumnya pada 12,13,16 September," ujar Direktur Utama Gunung Raja Paksi Alouisius Maseimilian saat acara Due Dilligence Meeting & Public Expose di Jakarta, Selasa (3/9).

(Baca: Pemerintah Mulai Selidiki Anti-Dumping Baja Lapis Tiongkok-Vietnam )

Nantinya, persentase kepemilikan masyarakat akan menjadi 10,21% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dan penerbitan obligasi wajib konversi.

Sebanyak 99,52% dana hasil penerbitan saham akan digunakan untuk melunasi utang dalam rangka akusisi Gunung Garuda, yang juga produsen baja. Sedangkan, 0,48% sisanya akan digunakan untuk modal kerja. Akusisi yang dilakukan perusahaan mencakup aset, suku cadang, dan operasionalnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement