Pacu Produksi, Pertamina Incar Blok Migas di Timur Tengah

Image title
29 Agustus 2019, 15:09
Pertamina akuisisi blok migas di luar negeri untuk genjot lifting migas, Pertamina Petronas
Pertamina EP

Pertamina berencana mengakuisisi blok migas di Timur Tengah atau Afrika yang siap berproduksi. Akusisi akan dilakukan melalui anak usaha yakni Pertamina Internasional EP.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan strategi akuisisi bertujuan untuk mendongkrak kinerja produksi dan lifting migas perusahaan. Namun, ia belum bisa mengungkapkan potensi produksi dari blok migas luar negeri yang tengah dibidik tersebut.

"Itu semua berdasarkan analisis. Maka kami harus bagus analisisnya terhadap aset-aset itu," ujarnya, saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (29/8).

(Baca: Harga Minyak Stabil, Pertamina Optimistis Laba Tahun Ini US$ 2 Miliar)

Selain akuisisi blok migas oleh anak usaha, Pertamina dan perusahaan migas Malaysia Petronas tengah menjajaki kemungkinan kolaborasi eksplorasi migas di luar negeri. Dharmawan tak menutup kemungkinan akan ada kerja sama akuisisi blok migas di negara lain.  

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sudah ada usulan proyek di luar negeri untuk kolaborasi Pertamina Petronas. Hal itu disampaikannya usai mendampingi Presiden Joko widodo bertemu Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah, Selasa, 27 Agustus 2019.

Retno enggan membuka detail proyek yang dimaksud. Yang jelas, ia akan menyampaikan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan manajemen Pertamina untuk menindaklanjuti usulan tersebut.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...