Mahasiswa UI Temukan Obat Alternatif Kanker Serviks dari Ikan Lionfish

Martha Ruth Thertina
21 Agustus 2019, 11:08
Gedung di Universitas Indonesia.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gedung di Universitas Indonesia.

Sebanyak tiga mahasiswa Jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) berhasil menemukan obat kanker serviks yang berasal dari racun duri ikan Lionfish. Obat ini diharapkan bisa menjadi alternatif untuk penyembuhan kanker serviks.

Ketiga mahasiswa penemu tersebut adalah Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer. "Melalui uji laboratorium, hasil menunjukkan bahwa racun Lionfish berhasil membunuh sel kanker," ujar Mustika, di kampus UI Depok, seperti dikutip Antara, Rabu (21/8).

Ia mengatakan pengobatan melalui kemoterapi belum sepenuhnya efektif karena efek samping yang dihasilkannya. Maka itu, racun duri Lionfish diharapkan bisa menjadi alternatif obat berbahan alami.

(Baca: Dari Akar Bajakah Sampai Sirsak, Berbagai Tanaman Penyembuh Kanker)

Racun duri Lionfish dipilih karena mengandung peptida yang memiliki aktivitas antiproliferatif terhadap sel kanker dengan mekanisme induksi apoptosis, yaitu proses penghambatan proliferasi sel kanker secara selektif.

Ketiga mahasiswa tersebut mengekstraksi racun duri Lionfish yang kemudian dimurnikan dengan presipitasi ammonium sulfat dengan proses pemanasan. Racun yang telah diekstraksi dan dimurnikan tersebut kemudian diujikan secara in vitro terhadap sel kanker.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...