RI dan Malaysia Bidik Perjanjian Dagang Lintas Batas Beres Akhir 2019

Rizky Alika
20 Agustus 2019, 14:19
Perjanjian Dagang Indonesia Malaysia, Perjanjian Perdagangan Lintas Batas
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, Rabu (21/12/2016).

Indonesia dan Malaysia baru saja merampungkan perundingan putaran keenam untuk peninjauan kembali Perjanjian Perdagangan Lintas Batas (Border Trade Agreement/BTA) 1970. Perundingan digelar di Penang, Malaysia pada 15-16 Agustus 2019.

Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan Ni Made Ayu Marthini mengatakan peninjauan kembali perlu dilakukan sebab BTA 1970 tidak cukup mengakomodasi aktivitas perdagangan di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Advertisement

"Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk segera menyelesaikan proses peninjauan," kata Made seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (20/8). Harapannya, perundingan selesai pada putaran ketujuh yang akan digelar akhir 2019 di Indonesia.

(Baca: Genjot Ekspor, Kemendag Kejar Penyelesaian 11 Perjanjian Dagang)

Dalam perundingan di Penang, Delegasi Indonesia (Delri) dipimpin oleh Made, sedangkan Malaysia oleh Direktur Senior Integrasi Ekonomi ASEAN Kementerian Industri dan Perdagangan Internasional Mohd. Zahid Abdullah.

Delri terdiri dari perwakilan Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Atase Perdagangan Kuala Lumpur, serta Fungsi Ekonomi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement