Upacara Peringatan Proklamasi, Jokowi-JK Datang Naik Limousine

Pembawa bendera Merah Putih adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi, perwakilan Provinsi Jawa Tengah.
Michael Reily
Oleh Michael Reily
17 Agustus 2019, 10:46
Jokowi, Upacara 17 Agustus di Istana
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) bersiap untuk berfoto bersama dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) usai upacara pengukuhan di Istana Negara Jakarta, Kamis (15/8/2019). Presiden Joko Widodo mengukuhkan 68 anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri upacara peringatan proklamasi kemerdekaan di Istana Negara, Jakarta, 17 Agustus 2019. Keduanya didampingi istri, Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla.

Jokowi dan JK diantar ke Istana dengan limosin bermerek Mercedes Benz. Jokowi bertindak sebagai inspektur dalam upacara. Sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang bertindak sebagai pembaca naskah proklamasi.

Upacara dimulai pukul 10.00 WIB dan berlangsung selama 30 menit. Terdapat 68 anggota Paskibraka yang bertugas dan berasal dari berbagai provinsi. Sebelumnya, para pemuda mengucapkan Ikrar Putra Indonesia untuk menjalankan tugas.

(Baca: 17 Agustus, Istana Pamerkan Cadillac Fleetwood Soeharto dan Habibie)

Pembawa bendera Merah Putih adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi, perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Salma yang lahir di Malang, 16 Desember 2002 adalah putri dari Bapak Achmad Aswin Achzaab dan Ibu Nurisah. Dia merupakan siswi SMA Pradita Dirgantara.

Sedangkan pengibar bendera adalah Rafi Ahmad Falah dari Banten, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar sebagai pembentang bendera dari DKI Jakarta, dan Rangga Wirabrata Mahardika sebagai pengerek bendera dari Jawa Barat.

Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut Hariyo Poernomo menjadi Komandan Upacara. Kemudian, Kapten Infanteri Ar Razi Furqon Darya sebagai Kompi Paskibraka. Adapun Perwira Upacara adalah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin.

Video Pilihan

Artikel Terkait