17 Agustus, Istana Pamerkan Cadillac Fleetwood Soeharto dan Habibie

Setelah era Presiden Habibie, mobil ini tidak lagi digunakan untuk acara resmi. Sekarang, para presiden dan tamu negara menggunakan mobil Mercedes Bens.
Michael Reily
17 Agustus 2019, 08:40
Mobil Dinas Presiden Cadillac Fleetwood dipamerkan saat perayaan 17 agustus di istana negara, pernah jadi Mobil Dinas Soeharto
Michael Reily I Katadata
Istana Negara Jakarta memamerkan dua mobil Cadillac tipe Fleetwood Brougham yang pernah menjadi mobil dinas Presiden Soeharto dan B.J. Habibie.

Istana Negara Jakarta tampil berbeda di perayaan hari kemerdekaan. Selain menghadirkan dekorasi bernuansa merah putih, pihak Istana memamerkan dua mobil Cadillac tipe Fleetwood Brougham yang pernah menjadi mobil dinas Presiden Soeharto dan B.J. Habibie

Dua unit mobil pabrikan Amerika Serikat (AS) tahun 1987 tersebut diparkir di pintu masuk Istana. Para tamu yang datang untuk perayaan hari kemerdekaan tampak silih berganti mengabadikan gambar diri di sekeliling mobil antik tersebut.

Punya transmisi otomatis, Cadillac Fleetwood Brougham berkapasitas 4.100 cc. Dahulu, selain presiden, tamu negara menggunakan kendaraan jenis ini untuk acara resmi. Pada acara penyerahan surat kepercayaan dari negara sahabat, misalnya, Cadillac Fleetwood Bougham bakal menjadi kendaraan jemputan para duta besar negara sahabat ke Istana Kepresidenan.

(Baca: Mobil Dinas Presiden RI dari Masa ke Masa)

Advertisement

Setelah era Presiden Habibie, mobil ini tidak pernah lagi digunakan untuk acara resmi. Sekarang, para presiden dan tamu negara menggunakan mobil Mercedes Bens. Presiden Joko Widodo, misalnya, menggunakan Mercedes-Benz seri S600 Guard. Mobil ini dimiliki pemerintah sejak 12 tahun lalu.

Mobil Cadillac Fleetwod Broguham disebut-sebut tergolong mobil langka di zaman sekarang. Pihak Istana memepertahankan interiornya yang klasik dengan model jok panjang dan jahitan yang punya motif lurus. Sedangkan untuk eksterior, mobil ini memiliki ciri khas sudut lancip di lekukan badan ala pabrikan AS.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait