Cosmas Batubara Wafat, Mantan Menteri Soeharto yang Jadi Bos Properti

Cosmas pernah memegang tiga jabatan menteri pada era pemerintahan Presiden Soeharto.
Martha Ruth Thertina
Oleh Martha Ruth Thertina
8 Agustus 2019, 10:23
Mantan menteri pada era Presiden RI kedua Soeharto, Cosmas Batubara, meninggal dunia pada Kamis, 8 Agustus 2019 pukul 03.27 WIB. Cosmas menjabat rektor Universitas Podomoro, ia juga menjadi direktur utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN).
Dok. Agung Podomoro Land
Mantan menteri pada era Presiden RI kedua Soeharto, Cosmas Batubara, meninggal dunia pada Kamis, 8 Agustus 2019 pukul 03.27 WIB. Cosmas menjabat rektor Universitas Podomoro, ia juga menjadi direktur utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN).

Cosmas Batubara tutup usia. Presiden Direktur Podomoro Land yang juga mantan menteri di era pemerintahan Presiden Soeharto tersebut menghembuskan nafas terakhir pada usia 81 tahun, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Berita duka tersebut menyebar pada Kamis (8/8) pagi. Ucapan bela sungkawa mulai mengalir di media sosial Twitter, di antaranya dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud M.D.

“Telah wafat Bapak Cosmas Batubara, mantan aktivis 1966 dan Menteri Perumahan Rakyat, pada pagi ini Kamis (8/8/19). Kalau Tuhan sudah memanggil, tak ada makhluk yang bisa menghindar dari keperkasaan-Nya. Semoga Tuhan memberkati,” tulis Mahfud dalam akun Twitter-nya, Kamis (8/8).

Cosmas pernah memegang tiga jabatan menteri pada era pemerintahan Presiden Soeharto, yaitu Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat, dan Menteri Tenaga Kerja. 

(Baca: Jejak Cosmas Batubara di Birokrasi, Properti hingga Pendidikan)

Saat ini, Cosmas memegang jabatan sebagai Presiden Direktur di perusahaan properti Agung Podomoro Land. Selain itu, mengutip data Bloomberg, Cosmas memegang jabatan Presiden Komisaris di beberapa perusahaan properti yaitu Alam Hijau Teduh, Intiland Development, Indofica, Jaya Lestari Persada.

Cosmas juga tercatat sebagai Presiden Komisaris perusahaan produsen bir Multi Bintang Indonesia dan Wakil Presiden Komisaris perusahaan otomotif Tunas Ridean.

Di samping itu, Cosmas juga berkarier di dunia pendidikan. Doktor dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI) tersebut mengajar di alammaternya itu sejak 2002. Pada 2014, ia ditunjuk sebagai Rektor Podomoro University, menggantikan Rhenald Kassali. 

Video Pilihan

Artikel Terkait