Peristiwa Listrik Mati Terparah di Dunia Setelah Tahun 2000

Martha Ruth Thertina
5 Agustus 2019, 14:16
Mati Lampu hari ini, Mati Lampu Terparah di dunia, listrik mati terparah di dunia, mati listrik terparah di dunia
Arief Kamaludin|KATADATA

Peristiwa listrik mati yang meluas pernah terjadi di beberapa negara lain. Penyebabnya,  jaringan atau pembangkit bermasalah karena badai atau gangguan lain, efek berantai dari dimatikannya jaringan listrik, ketidakmampuan pembangkit memenuhi kebutuhan listrik saat permintaan tinggi, hingga dugaan sabotase.

Yang terkini, awal Maret 2019, listrik mati dialami 18 dari 23 negara bagian di Venezuela. Pemerintahnya menuding peristiwa tersebut disebabkan sabotase oleh kelompok anti-pemerintah. Berikut beberapa peristiwa listrik mati terburuk sejak tahun 2000, seperti dikutip dari National Geographic dan Guardian:

Advertisement

(Baca: Datangi Kantor PLN, Jokowi Marah Minta Listrik Mati Tak Terulang Lagi )

1. Northeastern, AS dan Kanada (2003)

Pada Agustus 2003, sekitar 50 ribu orang yang tinggal di Northeastern, Amerika Serikat, dan Kanada berkegiatan tanpa listrik hingga dua hari. Tim dari AS dan Kanada yang menangani persoalan ini menyatakan listrik padam karena kerusakan alat dan kesalahan manusia. Kejadian ini bermula dari padamnya jaringan listrik setelah bersinggungan dengan pepohonan.

2. Eropa (2006)

Pada November 2006, listrik padam selama dua jam di sejumlah negara di Eropa, dipicu oleh dimatikannya jaringan listrik di sekitar Sungai Ems agar sebuah kapal pesiar bisa berlayar dengan aman dari Papenburg, Jerman, menuju North Sea. Matinya listrik di jaringan tersebut meningkatkan tekanan ke jaringan listrik lainnya, dan berdampak hingga ke bagian lain Jerman, Prancis, Belgia, Itali, Spanyol, Austria, Belanda, dan Kroasia.

3. Provinsi Hunan, Tiongkok (2008)

Badai salju besar membuat pembangkit listrik mati di timur Provinsi Hunan pada Februari 2008. Sekitar 4,5 juta orang beraktivitas tanpa listrik selama hampir dua pekan. Sejumlah teknisi listri yang bertugas memperbaiki pembangkit meninggal dunia. Sejak itu, Tiongkok telah memperbaiki kemampuannya dalam memonitor status sistem pembangkit dan mengumpulkan informasi agar operator dapat mencegah kerusakan melebar ke wilayah lain.

4. Brasil dan Paraguay (2009)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement