Menteri Susi: Tumpahan Minyak di Blok ONWJ Pelajaran untuk Pertamina

Image title
1 Agustus 2019, 18:42
Blok ONWJ, tumpahan minyak karawang, tumpahan minyak blok onwj, pertamina
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas menyelesaikan pemasangan peralatan \"Oil Boom\" milik Oil Spill Response Center (OSCT) untuk melokalisir tumpahan minyak mentah di Pantai Sedari, Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/8/2019). Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java bekerjasama dengan OSCT berupaya meminimalisir dampak tumpahan minyak dengan pemasangan Oil Boom di setiap pesisir pantai sebagai upaya percepatan penanganan tumpahan minyak mentah milik Pertamina di pesisir Karawang.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan masalah kebocoran minyak dan gas di Blok Offshore Nort West Java (ONWJ) menjadi pelajaran untuk Pertamina. Perusahaan harus memiliki persiapan yang lebih matang dalam mengantisipasi risiko.

Persiapan yang dimaksud misalnya dalam hal stok oil boom atau alat penghalang minyak. "Oil boom itu harus punya stok yang lebih banyak," ujarnya di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kamis (1/8).

(Baca: Pertamina Klaim Tumpahan Minyak di Blok ONWJ Sudah Berkurang 10%)

Dengan oil boom yang mencukupi, tumpahan minyak dapat cepat teratasi dan tidak meluas. Meski begitu, ia menilai penanganan yang dilakukan Pertamina sudah benar. Ini berdasarkan tinjauannya ke lapangan.

Susi tak khawatir dengan dampak lingkungan akibat tumpahan minyak. "Pertamina akan bertanggung jawab terhadap dampak lingkungan maupun material. Menjaga laut itu tidak mudah," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...