Harga Emas Dunia Tertinggi dalam 6 Tahun, Emas Antam Terkerek Naik

Image title
19 Juli 2019, 11:36
harga emas hari ini, harga emas antam hari ini, beli emas antam
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas menunjukkan imitasi emas logam mulia produk PT Aneka Tambang (Antam) yang dipamerkan di gerai Antam dalam sebuah pameran di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Harga emas dunia terus mencetak rekor. Harga emas menyentuh US$ 1.454 pada pembukaan perdagangan Jumat (19/7), tertinggi sejak Mei 2013 atau lebih dari enam tahun. Seiring perkembangan tersebut, harga emas Antam melonjak menjadi Rp 714 ribu per gram.

Harga emas comex untuk kontrak Agustus menyentuh US$ 1.454 per ounce pada Jumat pagi, melonjak 1,8% dbandingkan harga penutupan kemarin. Harganya kemudian sedikit turun dan berada di level US$ 1.443,6 per ounce saat berita ini ditulis. Harga tersebut 1,1% di atas posisi penutupan kemarin.  

Advertisement

Sedangkan harga emas untuk pengiriman segera sempat menyentuh level US$ 1.453 per ounce pada Jumat pagi, naik 0,48% dibandingkan harga penutupan kemarin. Saat berita ini ditulis, harganya sedikit turun ke level US$ 1,443 per ounce. Harga tersebut 0,21% di atas posisi penutupan kemarin.

(Baca: Makin Menguat, Rupiah Hari Ini Bergerak ke Level 13.800 per Dolar AS)

Harga emas naik seiring komentar pejabat tinggi Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, yang memperkuat ekspektasi pasar akan penurunan suku bunga, serta ketegangan baru di Timur Tengah.

Mengutip Reuters, Presiden The Fed New York John Williams mengatakan pembuat kebijakan perlu menambah stimulus lebih awal untuk menghadapi inflasi yang terlalu rendah ketika suku bunga mendekati nol. Komentar tersebut menguatkan ekspektasi pasar akan pemangkasan suku bunga AS sebesar 0,25%, bahkan 0,5% pada akhir Juli mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement