Situng KPU Nyaris 70%, Keunggulan Jokowi Melebar Jadi 13,4 Juta Suara

Martha Ruth Thertina
7 Mei 2019, 11:15
Situng KPU Nyaris 70%, Jokowi menang sementara 13,4 Juta suara
ANTARA FOTO/Akbar Nugraha Gumay
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri depan) dan KH Ma\'ruf Amin (kanan depan) didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung melambaikan tangan usai memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Pasangan Jokowi-Ma\'ruf Amin menyatakan akan menunggu hasil resmi dari KPU meskipun sejumlah lembaga survei memenangkan mereka dalam hitung cepat.

Data penghitungan suara Pilpres 2019 pada Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng KPU telah mencapai 69,25%. Pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin masih unggul dari pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Keunggulan suara terpantau semakin lebar.

Per pukul 10.00 WIB, Jokowi-Maruf tercatat memperoleh 59,76 juta suara atau 56,33% dari total suara masuk. Sedangkan Prabowo-Sandiaga memperoleh 46,33 juta suara atau 43,67%. Ini artinya, Prabowo dan Sandiaga tercatat tertinggal 13,43 juta suara.

(Baca: Potensi Merapatnya Dua Partai dan Hitungan Kekuatan Kubu Jokowi di DPR)

Penghitungan suara Pilpres 2019 telah mencapai 100% di Bengkulu, dengan kemenangan Prabowo-Sandiaga. Sedangkan penghitungan suara di tujuh provinsi telah menembus 90%, yaitu Kepulauan Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat. Jokowi menang suara di enam provinsi di antaranya, dan hanya kalah di Sulawesi Barat.

Peluang Prabowo-Sandiaga untuk mengejar perolehan suara Jokowi-Maa'ruf semakin mengecil. Pasalnya, penghitungan suara di hampir seluruh provinsi telah melewati 50%. Bahkan, penghitungan suara di Sumatera Barat yang merupakan lumbung suara Prabowo-Sandiaga sudah memasuki 89%.

Harapan besar Prabowo-Sandiaga kemungkinan tinggal dari Jawa Barat. Proses penghitungan suara di provinsi tersebut baru mencapai 50,2% dengan keunggulan Prabowo-Sandiaga yaitu 7,75 juta suara, sedangkan Jokowi-Maruf 5,69 juta suara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...