Gianyar Raih Gelar Kota Kerajinan Dunia

Michael Reily
22 April 2019, 19:43
Gianyar Bali mendapatkan sertifikat sebagai Kota Kerajinan Dunia atau World Craft City.
Wira Suryantala/ANTARA
Kerajinan Bali

Kabupaten Gianyar mendapatkan sertifikat sebagai Kota Kerajinan Dunia atau World Craft City dari World Craft Council (WCC). Gianyar menjadi kota ke-28 di dunia yang memperoleh sertifikat serupa dari WCC.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas) Mufidah Jusuf Kalla menjelaskan, kabupaten Gianyar sangat kaya dengan beragam produk kerajinan dari mulai kerajinan kayu, batu, gelas tiup, tenun, hingga perhiasan. Sentra kerajinan tersebar di sepanjang jalan Batu Bulan, Celuk, hingga ke Ubud.

“Dengan ditetapkannya Gianyar sebagai World Craft City, mudah-mudahan Gianyar lebih dikenal di mancanegara, serta dapat membangun jejaring dengan World Craft City lainnya,” kata dia saat acara penyerahan sertifikat Gianyar Craft City di Bali, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (22/4).

(Baca: Kemendag Dorong Peningkatan Ekspor Produk Kerajinan ke Jepang)

Sebelumnya, WCC juga memberikan sertifikat untuk Yogyakarta yaitu sebagai Batik City. Mufidah menjelaskan, sertifikat Wolrd Craft City untuk Gianyar diperoleh setelah timnya mengajukan proposal kepada WCC. Ide awal pengajuan proposal berasal dari dirinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...