Gundala, Film Jagoan Karya Joko Anwar yang Tuai Pujian Sebelum Tayang

Film Gundala diadaptasi dari komik “Gundala Putra Petir” karangan Harya Suraminata.
Michael Reily
15 April 2019, 12:05
Film Gundala akan dirilis bertepatan dengan perayaan 50 tahun komik Gundala Putra Petir.
Instagram @gundalaofficial
Film Gundala akan dirilis bertepatan dengan perayaan 50 tahun komik Gundala Putra Petir.

Rumah produksi Bumilangit Studios, Screenplay Films, dan Legacy Pictures telah meluncurkan cuplikan film jagoan lokal Gundala. Komentar bernada pujian membanjiri akun media sosial Youtube, Twitter dan Instagram yang mengunggah cuplikan film tersebut.

Sutradara Film Gundala Joko Anwar mengatakan jalan cerita Gundala disesuaikan dengan pasar Indonesia, sehingga berbeda dengan film jagoan garapan studio raksasa dunia: Marvel dan DC. "Kami membangun ekspektasi dan semangat masyarakat," kata dia kepada katadata.co.id, beberapa waktu lalu.

Dia mengakui film fantasi atau laga Tanah Air belum memiliki efek visual yang fantastik karena keterbatasan sumber daya. Namun, dia menilai film Tanah Air mampu menyuguhkan sesuatu yang berbeda, dan dengan strategi pemasaran yang tepat bisa diterima masyarakat.

(Baca: Stan Lee, Legenda di Balik Superhero Marvel )

Film Gundala diadaptasi dari komik “Gundala Putra Petir” karangan Harya Suraminata yang terbit sebanyak 23 judul. Rencananya, perilisan film bakal bertepatan dengan perayaan 50 tahun terbitnya komik tersebut.

Tokoh dalam film tersebut diperankan oleh aktor dan aktris kenamaan. Abimana Aryasatya berperan sebagai Sancaka serta Gundala. Kemudian, Tara Basro sebagai Wulan, Bront Palarae sebagai Pengkor, serta Rio Dewanto dan Marissa Anita yang akan menjadi orang tua Sancaka.

Mengutip siaran pers, salah satu tema yang diangkat dalam film Gundala adalah perjuangan terhadap keadilan. Harapannya, Gundala bisa menjadi panutan bagi generasi muda Tanah Air. "Kehadiran para bintang film papan atas juga akan menambah kedalaman cerita," demikian tertulis.

(Baca: Kenang Tokoh Komik, Pos Indonesia Rilis Prangko Jagoan Nusantara)

Screenplay Films mempublikasikan potongan film Gundala di Youtube pada 12 April 2019. Sampai laporan ini tertulis, potongan film Joko Anwar tersebut telah ditonton lebih dari 400 ribu kali dan menerima hampir 5 ribu komentar.

Salah satu komentar datang dari pemilik akun Youtube bernama Defry Prima. Ia menyatakan telah menanti Gundala lahir kembali dalam film karya anak bangsa. "Terima kasih semua yang berani mengangkat superhero lokal klasik, sukses! Dukung terus film nasional kita menjadi lebih baik," tulis dia.

Sutradara Timo Tjahjanto juga ikut menyampaikan komentar tentang Gundala, melalui cuitan di Twitter yang ditujukan kepada Joko Anwar. "Saya sedikit buang air kecil, politik terlihat aneh, tetapi masa depan sinema Indonesia bakal meyakinkan," cuit @Timobros, 13 April lalu.

Akun Instagram pemeran utama Gundala, Abimana (@abimana_arya), juga kebanjiran pujian dari para selebritis Tanah Air. Nama-nama terkenal seperti Iko Uwais, Didiet Maulana, Joe Taslim, Dian Sastrowardoyo, Morgan Oey, David Naif, Marcell Siahaan, dan Sigi Wimala tercatat memberikan ucapan selamat.

Reporter: Michael Reily

Video Pilihan

Artikel Terkait