Lintasan LRT Cawang-Cibubur Tersambung, Ditarget Uji Coba Akhir 2019

Progres proyek LRT Jabodetabek 59,64% per 22 Maret 2019. Khusus lintas layanan I Cawang-Cibubur, progresnya mencapai 79,69%.  
Martha Ruth Thertina
29 Maret 2019, 17:09
Petugas proyek LRT Jabodebek di pembangunan Stasion Taman Mini, Jakarta Timur, Senin (14/1). Proyek yang dibangun sejak September 2015 ini melayani 3 lintas pelayanan, yaitu Cawang-Cibubur; Cawang-Dukuh Atas; Cawang-Bekasi Timur.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Petugas proyek LRT Jabodebek di pembangunan Stasion Taman Mini, Jakarta Timur, Senin (14/1). Proyek yang dibangun sejak September 2015 ini melayani 3 lintas pelayanan, yaitu Cawang-Cibubur; Cawang-Dukuh Atas; Cawang-Bekasi Timur.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk. menyelesaikan pembangunan tiga longspan (bentang panjang) proyek kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Jabodetabek pada 29 Maret 2019. Dua di antaranya berada pada lintas pelayanan I Cawang-Cibubur. Dengan demikian, secara struktur, lintas pelayanan I sepanjang 14,89 kilometer telah tersambung.

Proyek LRT lintas pelayanan I memang ditargetkan selesai paling awal dan akan menjadi sarana uji coba rangkaian kereta (trainset) dari kereta LRT Jabodetabek buatan PT Inka (Persero). “Target kedatangan (trainset) pada akhir 2019,” demikian tertulis dalam keterangan pers Adhi Karya pada Jumat (29/3).

(Baca: Jokowi Minta Badan Transportasi Jabodetabek Terbentuk sebelum Juli)

Dua longspan di lintas pelayanan I Cawang-Cibubur yang rampung dibangun pada Jumat ini yaitu longspan JORR dan Cililitan. Satu lainnya yaitu longspan Cikoko yang berada pada lintas pelayanan II yakni Cawang-Kuningan-Dukuh Atas. Perampungan ditandai dengan pengecoran terakhir yang dihadiri oleh direksi Adhie Karya.

Advertisement

Secara rinci, longspan JORR melintas di atas Jalan Toll JORR, Jalan Dukuh, dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Panjang longspan yaitu 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder yang terpanjang di dunia.

(Baca: Beragam Kritik Ekonom dan Pengusaha Tentang Proyek Infrastruktur)

Kemudian, longspan Cililitan melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder. Longspan Cikoko membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat, juga dengan panjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.

(Baca: Pembelaan Istana Soal Kritik LRT dan Tol Trans Jawa)

Hingga 22 Maret 2019, perusahaan menyatakan progres pekerjaan LRT Jabodetabek secara keseluruhan telah mencapai 59,64%. Rinciannya, progres pada lintas pelayanan I Cawang-Cibubur 79,69%, lintas pelayanan II Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 47,95%, dan lintas pelayanan III Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84%.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait