Ide Dorong Ekspor Lewat Insentif Daerah, Ekonom Ingatkan Jangan Panik

Rizky Alika
4 Maret 2019, 13:46
Pelabuhan ekspor
Katadata

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mempertimbangkan kemungkinan penambahan kriteria berupa kemampuan daerah mendorong ekspor dalam pemberian Dana Insentif Daerah (DID). Namun, ekonom mengingatkan pemerintah agar tidak terburu-buru dalam mengambil kebijakan.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah Redjalam menyebut pemerintah tampak panik dalam menghadapi neraca perdagangan yang defisit. Neraca perdagangan defisit besar pada tahun lalu setelah tiga tahun berturut-turut berhasil surplus. Penyebabnya, pertumbuhan ekspor yang lemah di tengah lonjakan impor.

Advertisement

"Pemerintah kepenginnya cepat bisa diatasi (defisit neraca dagang)," kata dia kepada katadata.co.id beberapa waktu lalu. Ia sepakat penyehatan neraca dagang memang sangat penting. Namun, upaya penyehatannya tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Sebab, ia khawatir upaya yang dilakukan justru berdampak negatif dalam jangka panjang.

(Baca: Genjot Ekspor, Jaringan Universitas Rekomendasikan 10 Komoditas Unggul)

Secara khusus, pemberian insentif guna mendorong ekspor daerah dinilainya sebagai hal yang baik dan wajar. Namun, pemerintah perlu membuat kriteria dan batasan dalam pemberian insentif tersebut.

Piter menyarankan pemerintah untuk lebih dulu meyusun startegi besar (grand strategy) dalam mendorong ekspor, yang juga memuat peranan daerah di dalamnya. Tanpa grand strategy, dampak negatif diperkirakan dapat terjadi.

Dampak negatif yang dimaksud misalnya, daerah berpotensi gencar dalam mengekspor komoditas hasil hutan yang tidak diproses. Akibatnya, industri domestik dapat mengalami kekurangan pasokan bahan baku. "Ini mengembalikan kita ke zaman dulu," ujarnya.

(Baca: Ekspor Melambat, Neraca Dagang Kuartal I 2019 Diramal Defisit US$ 3 M)

Di sisi lain, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Perdagagan Internasional Shinta Widjaja Kamdani menilai ide tersebut merupakan hal yang bagus. Namun, masalah utamanya ialah kemampuan daerah dalam menghasilkan produk yang kompetitif untuk ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement