Ini Fasilitas Kereta Sleeper, Diklaim Setaraf Kelas Bisnis Pesawat

Penumpang kereta Sleeper bisa menikmati kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektronik, serta fasilitas multimedia dan penunjang lainnya.
Image title
12 Juni 2018, 18:03
Kereta Sleeper
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Petugas KAI mencoba fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis 'sleeper' di Jakarta, Selasa (12/6).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai mengoperasikan kereta Sleeper dengan harga tiket promosi Rp 900 ribu sekali jalan. Perseroan mengklaim fasilitas yang tersedia di kereta kelas mewah atau luxury class tersebut menyerupai kelas bisnis di pesawat komersial.

Penumpang kereta Sleeper dapat menikmati kursi yang bisa direbahkan 170 derajat secara elektronik, sandaran kaki elektronik, hiburan multimedia berupa televisi 12 inchi yang dilengkapi dengan headset, fasilitas pengisian daya listrik USB charging, lampu baca, nampan makan yang dapat dilipat, serta bantal dan selimut.

Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti penyangga cangkir (cup holder), kaca, tempat sampah, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, gantungan pakaian (coat hanger), dan buzzer untuk memanggil kru kereta. Seluruh fasilitas tersebut disediakan untuk setiap penumpang di setiap kursi.

Sepanjang perjalanan, penumpang akan mendapatkan suguhan makan sebanyak dua kali, serta kudapan secara gratis. Ke depan, untuk semakin memanjakan penumpang, KAI berencana menambahkan fasilitas wifi gratis.

Advertisement

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pengoperasian kereta mewah tersebut sebagai bentuk inovasi perseroan guna meningkatkan layanan. “Dengan adanya layanan luxury class ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan layanannya,” kata dia, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (12/6).

(Baca juga: Tiket Kereta Mewah Sleeper Hingga H-1 Lebaran Ludes Terjual)

Pada tahap awal, kereta mewah tersebut baru beroperasi untuk rute Stasiun Gambir Jakarta - Stasiun Surabaya Pasarturi. Kereta tersebut berada dalam rangkaian KA Argo Bromo Anggrek. Sejauh ini, kereta Sleeper baru tersedia satu gerbong di setiap rangkaian KA. Dalam satu gerbong, hanya terdapat 18 kursi.

Dalam masa promosi, sambutan masyarakat terbilang cukup bagus. Menurut data KAI per Selasa (12/6) pagi, tiket kereta Sleeper hingga 14 Juni sudah ludes terjual. Beberapa penumpang yang mencoba kereta Sleeper mengaku membeli tiket kereta tersebut karena kehabisan tiket kereta lainnya untuk mudik Lebaran, selain karena penasaran dengan fasilitas mewah yang ditawarkan.

Seorang penumpang bernama Rena memuji fasilitas yang tersedia pada kereta Sleeper. "Enak banget, lebih enak dari pesawat sih," kata dia saat ditemui di dalam kereta Sleeper, sesaat sebelum kereta tersebut berangkat dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Surabaya Pasarturi.

Rena menggunakan kereta Sleeper untuk mudik bersama enam anggota keluarganya lantaran kehabisan tiket untuk kereta kelas di bawahnya. Rena mengaku memesan tiket kereta Sleeper pada malam sebelum keberangkatan melalui layanan Traveloka. Adapun informasi tentang kereta sleeper diperolehnya dari instagram PT KAI.

Dengan fasilitas mewah yang disediakan, ia menilai harga yang dipatok KAI yaitu Rp 900 ribu cukup masuk akal. "Kereta biasa (harganya) Rp 700 ribu, kalau ini Rp 900 ribu," kata dia. Ia pun menyatakan minatnya untuk kembali menggunakan kereta Sleeper di lain waktu.

Sementara itu, seorang ibu rumah tangga bernama Zahra mengaku menggunakan kereta Sleeper karena penasaran dengan harga tiketnya yang mahal. "Penasaran seperti apa. Ini kok kereta mahal," ujarnya.

Kereta Sleeper menawarkan dua jadwal keberangkatan dari Jakarta dan dua jadwal keberangkatan dari Surabaya. Secara rinci, untuk rute Stasiun Gambir- Stasiun Surabaya Pasarturi, jadwal keberangkatan pertama yaitu pukul 09.30 WIB dan tiba pukul 18.30 WIB. Pemberangkatan berikutnya pada Pukul 21.30 WIB dan tiba pukul 06.30 WIB.

Sementara itu, untuk rute Stasiun Surabaya Pasarturi-Stasiun Gambir, pemberangkatan pertama pada pukul 08.00 WIB dan tiba pada pukul 17.00 WIB. Pemberangkatan berikutnya pada pukul 20.00 WIB dan tiba pada 05.00 WIB.

Ke depan, menurut Edi, perseroan berencana menambahkan rute kereta Sleeper ke beberapa daerah lainnya seperti Malang, Yogjakarta, Solo dan Purwokerto. Adapun harga tiket promosi yang sebesar Rp 900 ribu sekali jalan hanya berlaku selama satu bulan. Harga normalnya bakal dipatok sedikit lebih tinggi dari kelas Priority.

“Kalau Priority ke Malang Rp 1,2 juta, kalau ini (Sleeper) kami masih promo di bawah itu. Kemungkinan untuk harga normal (Sleeper) di atas Priority,” kata dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait