Obama Tiba di Istana Bogor Sendiri, Disambut Keluarga Jokowi

Dimas Jarot Bayu
30 Juni 2017, 17:00
Obama dan Jokowi
Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto

Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS), Barack Obama tiba di Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (30/6) sore. Kedatangan Obama tak bersama keluarganya. Berdasarkan pantauan, tidak terlihat Michelle Obama dan kedua putrinya, Malia dan Sasha saat memasuki Istana.

Obama yang tiba sekitar pukul 15.30 WIB langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Widodo dan putranya, Kaesang Pangarep. Jokowi dan Kaesang menggunakan setelan kemeja putih dan celana panjang. Sementara itu, Iriana menggunakan kebaya berwarna merah marun. Adapun Obama mengenakan setelan kemeja berwarna biru muda dan celana panjang hitam.

Obama langsung bersalaman dengan Jokowi dan Iriana begitu tiba di pelataran Istana. Dia kemudian sempat berbincang sebentar dengan Kaesang. Setelah itu, mereka langsung menuju beranda Istana. Ditemani Iriana, Jokowi dan Obama tampak berbincang sambil melihat-lihat taman Istana yang menyatu dengan Kebun Raya Bogor. (Baca juga: Dapat Pengamanan VVIP, Ini Agenda Obama Selama di Jakarta)

Veranda talk alias perbincangan di beranda itu tak berlangsung lama. Obama dan Jokowi punya agenda lain yaitu santap sore di Grand Garden Cafe & Resto yang berada di Kebun Raya Bogor. Perbincangan keduanya bakal berlanjut di sana. Yang menarik, Obama diantar langsung oleh Jokowi dengan mobil golf untuk sampai ke lokasi. Jokowi tampak mengendarai sendiri mobil golf tersebut, sementara Obama duduk di samping kanannya.

Kunjungan Obama ke Istana Bogor merupakan rangkaian lawatannya ke Indonesia. Obama mengawali kunjungannya ke Indonesia pada Jumat (23/6). Ia datang bersama keluarga untuk berlibur. Selama di Indonesia, Obama berkunjung ke Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan terakhir Jakarta dan Bogor.

Pada Sabtu (1/4) esok, Obama dijadwalkan memberikan pidato dalam pembukaan Kongres Diaspora Indonesia Network (IDN) ke-4 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Rencananya, Obama sekeluarga bakal meninggalkan Jakarta pada Minggu (2/7) untuk bertolak ke Seoul, Korea Selatan. (Baca juga: Bulan Depan, Obama Hadiri Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...