Dapat Pengamanan VVIP, Ini Agenda Obama Selama di Jakarta

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bakal bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Jumat (30/6) sore.
Dimas Jarot Bayu
29 Juni 2017, 21:01
Pidato Perpisahan Obama
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengusap airmatanya saat memberikan pidato perpisahan di Chicago, Illinois, Selasa (10/1).

Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama bersama keluarga bakal tiba di Jakarta pada Jumat (30/6) siang. Obama dipastikan bakal mendapat pengamanan very very important person (VVIP). Kepolisian bakal menurunkan ribuan aparat untuk menjaga keamanan Obama.

Kapolda Metro Jaya, Irjen (Pol) Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan empat ribu aparat polisi untuk menjaga Obama selama menjalani sederet agenda di Jakarta dan Bogor, yaitu pada Jumat (30/6) hingga Minggu (2/7).

"Kami sudah siap pengamanan, tadi kami lakukan apel gelar pasukan dalam rangka acara Diaspora dan pengamanan Pak Obama. Semua ada empat ribu personel kami siapkan pengamanan," kata Iriawan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (29/6).

Menurut informasi yang dihimpun Katadata, Obama bakal tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma pada Jumat (30/6) siang dengan menggunakan pesawat Western Air Charter, Inc DBA Jet Edge gulf 5, N50JE. Rencananya, rombongan akan langsung menuju tempatnya menginap di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat.

Menjelang sore, rombongan Obama bakal menuju Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Obama dan Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Grand Garden Resto dan Cafe Kebon Raya Bogor. Kemudian, rombongan akan bertolak kembali ke Hotel Mandarin.  

Pada Sabtu (1/7), Obama dijadwalkan memberikan pidato pada pembukaan kongres ke-4 Diaspora Indonesia di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Diaspora Indonesia merupakan perkumpulan warga Indonesia yang tinggal di luar negeri. Kongres tahun ini digadang-gadang bakal menjadi kongres Diaspora Indonesia terbesar yang dihadiri oleh banyak tokoh ikonik. (Baca juga: Bulan Depan, Obama Hadiri Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta)

Obama mengawali kunjungannya ke Indonesia pada Jumat (23/6). Ia datang bersama istrinya Michelle Obama, dan kedua putrinya Malia dan Sasha untuk berlibur. Selama di Indonesia, Obama dan keluarga berkunjung ke Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan terakhir Jakarta. Rencananya, Obama sekeluarga bakal meninggalkan Jakarta pada Minggu (2/7) untuk bertolak ke Seoul, Korea Selatan.

Video Pilihan

Artikel Terkait