Keluarga Jokowi Rekreasi ke Ragunan, Gorila Dapat Kurma Impor

Dimas Jarot Bayu
29 Juni 2017, 19:02
Jokowi
DIMAS JAROT BAYU | KATADATA
Presiden Joko Widodo bersama keluarga mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan pada Kamis (29/6).

Keluarga Presiden Joko Widodo menikmati libur Lebaran dengan mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan pada Kamis (29/6). Rencana kedatangan Jokowi dan keluarga sempat membuat pengelola Ragunan kaget. Alasannya, taman wisata itu sedang ramai-ramainya diserbu pengunjung. Meski begitu, kunjungan berjalan lancar. Jokowi bahkan sempat memberi makan gorila Kumbo. 

Ragunan memang tercatat sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta ketika libur Lebaran. Pada Kamis (29/6) ini saja tercatat 112 ribu pengunjung mendatangi kebun binatang tersebut. "Sempat bikin sport jantung ya karena ini area terbuka. Pengamanan sangat ketat karena beliau datang di hari puncaknya pengunjung Ragunan," kata Kepala Unit Taman Margasatwa Ragunan, Dina Himawati, Kamis (29/6). (Baca juga: 4 Tempat Wisata Paling Diserbu di Jakarta)

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo dan kedua anaknya, Kahiyang Ayu serta Kaesang Pangarep datang selepas jam makan siang. Jokowi mengenakan setelan kemeja putih dan celana panjang hitam, sedangkan Iriana mengenakan blouse dan celana panjang berwarna merah muda, serta kerudung bermotif bunga. Adapun, Kahiyang dan Kaesang tampil santai mengenakan kaos dan celana panjang.

Kedatangan keluarga Jokowi langsung disambut meriah oleh pengunjung. Beberapa warga bahkan saling berdesakan ingin bersalaman dan berfoto. Di tengah kemeriahan itu, Iriana dan Kahiyang sempat memberikan buku serta kaos kepada para pengunjung.

Di Ragunan, Jokowi menyambangi Pusat Primata Schmautzer. Tempat tersebut disebut-sebut sebagai tempat favorit Jokowi, lantaran ia selalu menyambangi lokasi itu setiap kali berkunjung ke Ragunan kala menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2013-2014 lalu.

Di Schmautzer, Jokowi dan keluarga melihat-lihat berbagai primata, seperti lutung perak, orang utan, dan siamang. Tak ketinggalan, Jokowi juga mengunjungi Kumbo, gorila berusia 22 tahun asal Inggris. Kumbo merupakan gorila terbesar dan tertua di Ragunan.

Jokowi tampak sesekali tersenyum saat mengamati tingkah polah Kumbo. Dia pun melemparkan kurma impor kepada gorila tersebut. Usai berwisata, Jokowi mengaku senang. Menurutnya, Ragunan merupakan destinasi wisata di Jakarta yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Senang sih, senang. Karena masuk murah meriah bayar Rp 3 ribu, yang dewasa bayar Rp 4 ribu. Selain juga ada sisi edukasinya kan, mengarahkan anak-anak tuh yang namanya gajah, tuh yang namanya monyet, tuh yang namanya gorila, tuh yang namanya lutung," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengaku senang karena melihat hewan-hewan yang ada di Ragunan tampak sehat dan terawat. "Saya lihat tadi cerah ceria semuanya," kata dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait