Tambah Investasi Rp 13 Triliun, Alibaba Borong Saham Lazada

Martha Ruth Thertina
29 Juni 2017, 15:53
Lazada e-commerce
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan e-commerce asal Tiongkok, Alibaba Group Holding, menambah investasi sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 13 triliun di perusahaan retail online Lazada Group yang berbasis di Asia Tenggara. Investasi tersebut bakal memperbesar kepemilikan saham Alibaba di Lazada menjadi 83 persen, dari sebelumnya sebesar 51 Persen.

Mengacu pada Reuters, Alibaba mengumumkan langkah bisnis tersebut setelah pesaingnya, perusahaan e-commerce asal Tiongkok JD.com Inc memperluas operasinya ke Asia Tenggara. Di sisi lain, perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat (AS) Amazon juga santer dikabarkan tengah melihat peluang untuk marambah pasar di kawasan yang sama.

Advertisement

 “Ini merupakan sinyal terang dari (Alibaba) bahwa, setelah mempelajari pasar secara lebih baik, mereka betul-betul percaya dengan peluang bisnis e-commerce di Asia Tenggara,” kata Kepala Eksekutif Lazada, Maximiliam Bittner seperti dikutip Reuters Rabu (28/6). (Baca juga: Akuisisi Lazada, Alibaba Jadi Raja E-Commerce di Asia Tenggara)

Investasi Alibaba telah memberikan keuntungan bagi Lazada, bukan hanya secara finansial, tapi juga akses untuk menjangkau lebih banyak merchant dan meningkatkan kemampuan logistiknya.

Bittner mengatakan keberadaan Alibaba sangat membantu perusahaan dalam membedakan diri dari Amazon dan pesaingnya yang lain. “Akan lebih mudah untuk menghadapi satu gorila seberat 800 pound ketika Anda memiliki gorila seberat itu juga di belakang Anda,” kata dia menanggapi kemungkinan masuknya Amazon.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement